Kabar Madiun

Khofifah-Emil Siapkan Millenials Job Center Atasi Pengangguran Dan Penguatan Skill Generasi Muda

Program ini yang juga sedang digodok untuk masuk dalam program 99 hari pertama kerja Khofifah-Emil.

Khofifah-Emil Siapkan Millenials Job Center Atasi Pengangguran Dan Penguatan Skill Generasi Muda
suryamalang.com/Fatimatuz Zahro
Gubernur Jatim terpilih 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa saat memberikan arahan di acara Deklarasi JKSN di wilayah eks karisidenan Madiun, di GOR Wilis, Selasa (5/2/2019). 

SURYAMALANG.COM MADIUN - Jelang dilantik,  Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa sudah menyiapkan sejumlah program prioritas yang bakal masuk dalam program 99 Hari Pertama Kerja. 

Salah satu yang coba ingin didorong Khofifah adalah mengatasi pengangguran dengan penguatan skill generasi millenial.

Sebagaimana yang sering dicetuskan saat masa kampanye,  Khofifah bersama wagub terpilih Emil Elestianto Dardak ingin menggagas Millenials Job Center. Program ini yang juga sedang digodok untuk masuk dalam program 99 hari pertama kerja Khofifah-Emil. 

"Saat sejak awal pertama quick count Pakde Karwo sudah mengingatkan bahwa ada titipan dari pertemuan kiai di Sampang.  Mereka ingin agar di Madura dalam satu minggu ada penguatan skill siswa sehingga ada penguatan kemandirian. Nah ini juga akan seiring dengan program kita di bakorwil," kata Khofifah dalam wawancara di Madiun,  Selasa (5/2/2019).

Khofifah menegaskan Millenials Job Center yang berwujud pelatihan skill di era gig economy itu bakal direalisasikan di lima bakorwil yang ada di Jawa Timur. 

Millenial Job Center ini akan memberikan pelatihan pekerjaan yang banyak digemari di era gig economy.  Seperti designer,  programmer,  photograher,  freelancer dan banyak lagi. 

Akan tetapi, dikatakan Khofifah, anggaran untuk lima bakorwil yang ada habya Rp 200 juta dalam satu tahun.  Sehingga harus ada cara lain untuk menguatkan terwujudkan rencana Millenials Job Center. 

"Sebagai awal kita akan siapkan Millenial Job Center di situ.  Namun saya coba bandingkan dengan Singapura,  disana per tahun disiapkan anggaran 8 miliar dollar Singapura untuk membuat tempat seperti Millenial Job Center,  karena saat ini memang eranya gig economy,  nah kita anggaran Rp 200 juta bisa jadi apa?" tanya Khofifah. 

Untuk itu, ia bersama tim navigasi sudah bergerak untuk mengatasi masalah tersebut dan berupaya mematangkan perencanaan pelaksanaan program Millenials Job Center.

"Maka caranya adalah partnership. Kami sudah koordinasi dengan sejumlah kedutaan. Bahkan sampai intensif diskusinya sampai ada focus group discussion (FGD). Maka kita akan bangun strong partnership sehingga Millenials Job Center bisa terwujud dengan APBD kita dan support dari partnership yang kita bangun," kata Khofifah. 

Sebagaimana diketahui pasangan Khofifah - Emil ditetapkan KPU sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih periode 2019-2024 setelah mengalahkan pasangan Saifullah Yusuf - Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim 27 Juni 2018 lalu. 

Dalam Pilgub Jawa Timur 2018, Khofifah-Emil mendapatkan suara sebanyak 10.465.284 suara masyarakat Jawa Timur atau 53.55 persen.

Rencananya Khofifah-Emil akan dilantik oleh Presiden Jokowi tanggal 13 Februari 2019 mendatang.

Penulis: Fatimatuz Zahro
Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved