Malang Raya

Kepulan Asap Genset Sempat Gemparkan TK Wonder Bridge Kota Malang

Terjadi konsleting listrik yang menyebabkan genset di TK Wonder Bridge mengeluarkan asap hitam.

Istimewa
Kepulan asap yang ditimbulkan dari sebuah genset yang ada di depan TK Wonder Bridge Kota Malang, Senin (4/3). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Suasana berbeda nampak di TK Wonder Bridge yang terletak di Jalan Pahlawan Trip Kota Malang pada Senin siang (4/3). Kepulan asap membumbung tinggi dari sebuah genset yang berada di depan halaman TK tersebut.

Satpam TK Wonder Bridge, Agustinus mengatakan, telah terjadi konsleting listrik yang menyebabkan genset di TK Wonder Bridge mengeluarkan asap hitam.

Menurutnya, kejadian tersebut terjadi pada pukul 13:45 WIB usai jam pulang sekolah anak-anak TK dan Playgroup tersebut.

"Pada waktu kejadian, tadi saya sedang berjaga di pagar, kemudian ada kepulan asap hitam muncul di atas genset. Saya panik dan langsung mencoba mematikan semua tombol yang ada di dalam genset itu," ucapnya.

Karena mesin gensetnya belum juga mati, Agus kemudian mengambil Apar agar tidak terjadi kebakaran. "Saya dibantu dua orang rekan saya dan sampai menghabiskan dua apar. Setelah kami semprot mesin kemudian mati dan petugas Damkar datang ke lokasi," ucapnya.

Beberapa anggota Damkar langsung berdialog dengan beberapa satpam yang berjaga di sana. Mereka langsung mengamati genset yang di tempatkan di depan sekolah usai kepulan asap tersebut menghilang

Sementara para guru TK Wonder Bridge sedang melihat dari dalam sekolah dan kepulan asap masih terlihat disekitaran genset tersebut.

Petugas TU, Nova menjelaskan, pada saat kejadian para murid telah pulang semua. "Penyebabnya saya belum tahu, tiba-tiba ada kepulan asap dan guru-guru di sini panik, untung saja anak-anak sudah pulang semua," ucapnya.

Nova hanya memberitahu bahwa sebelum terjadi kejadian itu, kondisi listrik di dalam sekolah itu padam. "Sekitar 40 menit di sini listriknya padam, untuk itu kami menyalakan genset," ucapnya.

Sementara itu, Danar, teknisi mekanik yang berada di sana menjelaskan, bahwa kepulan asap itu terjadi akibat oli yang menetesi knalpot. "Jadi ini bukan kebakaran, hanya ada selang oli yang bocor kemudian tetesannya itu menetes ke knalpot yang berada di dalam. Jadi ya timbul asap," jelasnya.

Danar juga menjelaskan, kondisi mesin genset di TK Wonder Bridge normal, hanya saja selang untuk saluran oli mengalami kebocoran. "Jelas saja saat dimatikan mesin tidak bisa mati, karena di sini ada solarnya. Jadi mesin akan mati dengan sendirinya jika solar tersebut habis," tuturnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved