Rumah Politik Jatim

Surat Suara Pemilu DPR RI Di KabupatenTrenggalek Kurang 1.268 Lembar

Surat suara yang dibutuhkan sebanyak 594.652 lembar. Namun setelah dilakukan sortir, masih ada kekurangan surat suara sebanyak 1.268 lembar.

Surat Suara Pemilu DPR RI Di KabupatenTrenggalek Kurang 1.268 Lembar
suryamalang.com/David Yohanes
Proses pelipatan dan sortir surat suara Pemilu untuk DPR RI di KPU Trenggalek. 

SURYAMALANG.COM, TRENGGALEK - Surat suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 untuk Kabupaten Trenggalek telah tiba Kamis (14/3/2019) sekitar pukul 17.00 WIB. Surat suara disimpan di Gedung Serba Guna Trenggalek dan langsung dilakukan sortir dan pelipatan untuk surat suara DPR RI.

Proses sortir dan pelibatan ini melibatkan 200 orang, yang dibagi dalam 20 kelompok, setiap kelompok terdiri dari 10 orang.

Sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT), surat suara yang dibutuhkan sebanyak 594.652 lembar. Namun setelah dilakukan sortir, masih ada kekurangan surat suara sebanyak 1.268 lembar.

"Berdasarkan perhitungan kebutuhan riil per TPS, masih ada kekurangan 1.268 lembar untuk surat suara DPR RI," terang Ketua KPU Tulungagung, Suripto, Jumat (15/3/2019).

Sesuai dengan ketentuan, kebutuhan surat suara berdasar penghitungan DPT ditambah dua persen berbasis TPS. Sementara kertas suara yang datang sebanyak 593.384 lembar. Suarat suara ini dalam dalam 1.186 kotak, masing-masing kotak berisi 500 lembar, dan satu kotak berisi 384 lembar.

"Perhitungan kebutuhan surat suara yang dikirim ternyata bukan berbasis TPS, tapi berbasis kabupaten," sambung Suripto.

Kekurangan ini nantinya akan segera dilaporkan ke KPU RI. KPU RI nantinya yang akan memerintahkan percetakan pemenang tender untuk memenuhi kekurangan itu.

Suripto menambahkan, sebenarnya ketentuan Peraturan KPU RI, perhitungan kebutuhan surat suara sudah sangat jelas, DPT ditambah 2 persen berbasis TPS. Namun karena percetakan menghitung berbasis kabupaten, mengakibatkan ada kekurangan.

KPU Trenggalek menargetkan, proses pelipatan selesai dalam tiga hari. Sedangkan surat suara lainnya masih dalam proses pecetakan. "Informasi dari percetakan, surat suara lain akan selesai pada 17 Maret," ungkapnya.

Hasil sortir surat suara DPR RI, ditemukan empat surat suara yang rusak. Kerusakan terdiri dari sobek, noda tinta hitam dan gradasi warna. 

Penulis: David Yohanes
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved