Malang Raya

CIMB Niaga Ajarkan Anak-anak Mengenal Dunia Perbankan

CIMB Niaga menyelenggarakan program literasi keuangan Tour de Bank untuk memperkenalkan dunia perbankan kepada para siswa Sekolah Dasar (SD).

Penulis: Benni Indo | Editor: yuli
Benni Indo
Komisaris Indpenden CIMB Niaga Jefry Kairupan (Paling kanan) bersama Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Zubaidah, perwakilan OJK Wilayah Kerja Malang dan CIMB Niaga Kota Malang memainkan angklung saat acara Tour de Bank di Kota Malang, Sabtu (30/3/2019). 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) tahun ini kembali menyelenggarakan program literasi keuangan Tour de Bank untuk memperkenalkan dunia perbankan kepada para siswa Sekolah Dasar (SD). Di tahun 2019 ini, Kota Malang menjadi kota yang pertama menyelenggarakan Tour de Bank.

Antuasias para pelajar terlihat saat mengikuti acara yang diikuti 254 pelajar dari SD My Little Island, SD Aleithea, dan Madrasah Ibtidaiyah An-Nur Kota Malang. Acara berlangsung di Kantor Cabang CIMB Niaga Malang Merdeka, Sabtu (30/3/2019).

Direktur Compliance, Corporate Affairs and Legal CIMB Niaga, Fransiska Oei mengatakan, Tour de Bank merupakan bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) CIMB Niaga bidang pendidikan.

Program ini bertujuan mengedukasi anak-anakSD tentang perbankan sehingga diharapkan dapat menumbuhkankecerdasan finansial dan budaya menabung sejak dini.

Komisaris Indpenden CIMB Niaga Jefry Kairupan menerangkan, edukasi kepada para pelajar SD adalah upaya untuk mendidik sejak dini masyarakat Indonesia agar mengenal dunia keuangan.

Di sisi lain, edukasi perbankan ini sesuai keinginan keinginan OJK agar memperkenalkan pelajar dengan perangkat perbankan.

“CIMB niaga sudah sejak 2015. Kota Malang menjadi yang pertama di 2019 ini,” ujarnya, Sabtu (30/3/2019).

Dikatakannya, anak-anak diajak langsung ke bank agar bisa melihat dan praktek langsung. Apa itu teller, apa itu ATM dan perangkat berbankan lainnya.

“Kami mengajak anak-anak datang ke kantor cabang untuk melihat lebih dekat dan merasakan langsung aktivitas pelayanan perbankan. Mereka kami perkenalkan dengan peran dan fungsi perangkat perbankan sepertiteller, customer service, mesin ATM, dan mesin setor tunai. Hal ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan minat mereka untuk menabung di bank,” kata Jefry.

Untuk menanamkan pemahaman tentang pengelolaan keuangan secara sederhana, CIMB Niaga jugamengajak para siswa mengikuti permainan dan aktivitas edukatifyang menyenangkan.

Aktivitas tersebut yaitu permainancermat angka, video gamesPetualangan Pandu dan Tania,serta ajang kreativitas. Pada kesempatan itu, CIMB Niaga juga melakukan sosialisasi Tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) kepada para siswa.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Tour de Bank tahun ini memberikan edukasi tambahan mengenai budaya cinta lingkungan.

“Kami mengajak anak-anak untuklebih peduli dan mencintai lingkungan sekitarnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan mengurangi penggunaan plastik. Karena sampah plastik dapat merusak kelestarian lingkungan,” imbuhnya.

Selain di Malang, tahun ini Tour de Bank juga akan dilaksanakan di Solo, Tangerang Selatan, Banda Aceh, dan Kupang. Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2015, program Tour de Bank telah diikuti 4.300 siswa dari 91 SD di seluruh Indonesia.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved