Nasional

Cara Mengetahui Hasil Quick Count atau Hitung Cepat Pilpres 2019, Simak Jadwal & Siapa yang Terlibat

Hasil quick count atau hitung cepat Pemilu 2019 akan dipublikasikan Kompas.com bekerja sama dengan lima lembaga, Rabu (17/4/2019).

Cara Mengetahui Hasil Quick Count atau Hitung Cepat Pilpres 2019, Simak Jadwal & Siapa yang Terlibat
Tribun Video
Hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2019 

SURYAMALANG.COM – Hasil quick count atau hitung cepat Pemilu 2019 akan dipublikasikan Kompas.com bekerja sama dengan lima lembaga, Rabu (17/4/2019).

Dalam publikasi ini, Kompas.com juga akan mempublikasikan hasil quick count atau hasil hitung cepat untuk Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif tingkat DPR.

Seperti diketahui, Rabu (17/4/2019) adalah harinya pesta demokrasi bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Tanah Air.

Segenap WNI yang sudah dewasa diharuskan mencoblos pemimpin dan partai pilihannya; jangan golput!

Lima lembaga yang bekerja sama dengan Kompas.com dalam publikasi hasil quick count atau hitung cepat adalah Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Kompas, Poltracking Indonesia, Indobarometer, Indikator Politik Indonesia, dan Charta Politika.

“Kompas.com hendak melayani kepentingan publik untuk mengetahui hasil pemilu melalui hitung cepat lima lembaga kredibel dengan metodologi ilmiah,” kata Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho di Jakarta, Selasa (16/4/2019).

Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho
Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho (Kompas.com)

Berdasarkan pengalaman sejumlah pemilu, kata Wisnu, hasil hitung cepat yang dipublikasikan Kompas.com menggambarkan hasil resmi pemilu melalui hitung manual.

“Meskipun demikian, hasil pemilu tetap menjadi ranah KPU yang menjadi otoritas KPU untuk menyampaikan berdasarkan hitung manual,” kata Wisnu.

Hasil Quick count akan mulai dipublikasikan pada Rabu (17/4/2019) pukul 15.00 WIB.

Hal itu sesuai putusan Mahkamah Konstitusi.

Halaman
1234
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved