Pemilu 2019

Pileg Kota Blitar, Diperkirakan PKB Tambah Satu Kursi Dan Gerindra Berkurang Satu Kursi

Jumlah kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bertambah satu kursi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 ini.

Pileg Kota Blitar, Diperkirakan PKB Tambah Satu Kursi Dan Gerindra Berkurang Satu Kursi
suryamalang.com/Samsul Hadi
Rekapitulasi hasil penghitungan suara Pemilu 2019 di kantor DPC PDIP Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM, BLITAR - Jumlah kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di DPRD Kota Blitar diperkirakan bertambah satu kursi pada pemilihan legislatif (Pileg) 2019 ini. Sebaliknya, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar justru berkurang satu kursi pada Pileg 2019.

PKS yang sebelumnya tidak memiliki kursi, kali ini malah mendapat kursi untuk yang pertama kalinya di DPRD Kota Blitar. PKS mendapat satu kursi dari Dapil Kecamatan Sananwetan.

"Pileg tahun ini, perkiraan kami (PKB) dapat empat kursi. Sebelumnya hanya tiga kursi, ada tambahan satu kursi," kata Wakil Ketua Tanfidziyah DPC PKB Kota Blitar, Totok Sugiarto, Jumat (19/4/2019).

Tambahan satu kursi PKB itu untuk daerah pemilihan (Dapil) Kecamatan Sukorejo. Pada Pileg ini, PKB mendapat dua kursi di Dapil Kecamatan Sukorejo. Sebelumnya, PKB hanya mendapat satu kursi di Dapil Kecamatan Sukorejo.

Sedangkan dua kursi PKB yang lainnya masing-masing tetap di Dapil Kecamatan Kepanjenkidul dan Dapil Kecamatan Sananwetan. "Hasil rekap internal di Dapil Sukorejo, PKB dapat 4.989 suara. Jika dikonversi perolehan kursi memang jadi dua kursi," ujar Totok.

Wakil Ketua Bidang Organisasi Kaderisasi dan Keanggotaan DPC Partai Gerindra Kota Blitar, Yohan Tri Waluyo mengatakan, dari hasil rekap internal, jumlah kursi Partai Gerindra di DPRD Kota Blitar diperkirakan berkurang satu kursi. Dari sebelumnya tiga kursi, kini tinggal dua kursi.

Tiga kursi Partai Gerindra sebelumnya yaitu dua kursi dari Dapil Sukorejo dan satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul. Pada Pileg 2019 ini, Partai Gerindra hanya dapat dua kursi dari Dapil Sukorejo. "Satu kursi dari Dapil Kepanjenkidul hilang. Kalau Dapil Sananwetan sebelumnya memang tidak dapat kursi," katanya.

Sementara itu, berdasarkan hasil rekap internal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Blitar pada Pileg 2019 ini menyebutkan, jumlah kursi PPP di DPRD Kota Blitar tetap tiga kursi. Sedangkan jumlah kursi terbanyak tetap diperoleh PDIP, yaitu 10 kursi.

Untuk Partai Demokrat tetap memperoleh dua kursi. Yang menarik, Partai Keadilan Sosial (PKS) yang sebelumnya tidak mendapat kursi di DPRD Kota Blitar, kali ini justru dapat kursi untuk pertama kalinya. PKS mendapat satu kursi di Dapil Sananwetan.

Hasil perolehan kursi sejumlah partai di Pileg 2019 diperkirakan akan mempengaruhi komposisi unsur pimpinan di DPRD Kota Blitar periode 2019-2024. Periode sebelumnya, unsur pimpinan DPRD berasal dari PDIP, PKB, dan Partai Gerindra. Tapi, untuk periode ini, unsur pimpinan akan diisi dari PDIP, PKB, dan PPP. 

Penulis: Samsul Hadi
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved