Kabar Gresik

Begini Serunya Seorang Bule Nyebur Tambak Ikut Berburu Ikan Bandeng Di Gresik, Dipicu Penasaran

Pria asal Paris ini langsung diajak ke sebuah tambak. Joel heran tidak ada alat pancing seperti tongkat pancing maupun umpan untuk tangkap ikan.

Begini Serunya Seorang Bule Nyebur Tambak Ikut Berburu Ikan Bandeng Di Gresik, Dipicu Penasaran
TribunJatim.com/Willy Abraham
Bule asal Perancis cebur ke tambak tangkap ikan bandeng di Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas Gresik. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Willy Abraham

SURYAMALANG.COM, GRESIK - Warga negara asing asal Perancis, Joel Lopez (20) nyebur ke tambak di Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas Gresik. Dia mengajak temannya Elda (21) yang berasal dari Timor Leste nyebur ke dalam tambak untuk menangkap ikan bandeng khas Gresik, Minggu (21/4/2019).

Awalnya, Joel dan Elda diajak untuk menikmati makanan khas ikan bandeng. Joel dan Elda yang merupakan mahasiswa salah satu perguruan tinggi negeri di Surabaya ini penasaran dengan cara menangkap ikan khas Kabupaten Gresik tersebut.

Pria asal Paris ini langsung diajak ke sebuah tambak yang berada di wilayah Desa Kedanyang, Kecamatan Kebomas. Setibanya disana, Joel heran tidak ada alat pancing seperti tongkat pancing maupun umpan.

Sama halnya dengan Elda, dia penasaran bagaimana caranya menggunakan jala dan bak seorang nelayan mampu mendapatkan ikan bandeng.

Nelayan tambak, Mustakim yang saat itu berada di dalam tambak sempat kaget, ada bule yang datang langsung masuk ke tambak ikut memegang jala mencari ikan bandeng.

Meski sempat diajari cara menangkap bandeng, joel sering kali gagal bahkan dia sampai berenang dan berlarian di dalam tambak menangkap bandeng.

"Agak susah mengajari bule nangkap ikan bandeng karena tangannya kurang luwes," ujar Takim sambil tertawa.

Joel sendiri mengaku senang dengan pengalaman pertamanya menangkap ikan bandeng di dalam tambak. Menurutnya, dia datang ke Gresik penasaran dengan ikan bandeng apalagi setelah datang langsumg di tambak cara menangkap ikan tidak dengan alat pancing dan ini cukup unik.

"Selama di Perancis tidak pernah melihat ini, airnya cukup hangat dibuat renang," katanya.

Usai kembali dari tambak, Joel membawa pulang lebih dari 10 ikan bandeng total 3 kg dan beberapa udang ke Surabaya. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved