Pemilu 2019

PKB Sebut Dapat 21 Kursi DPR RI Dari Dapil Jawa Timur Dalam Pemilu 2019

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih cukup optimistis meraih kemenangan di Jawa Timur untuk pemilu 2019 kali ini

PKB Sebut Dapat 21 Kursi DPR RI Dari Dapil Jawa Timur Dalam Pemilu 2019
pkb
Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masih cukup optimistis meraih kemenangan di Jawa Timur untuk pemilu 2019 kali ini. Tak tanggung-tanggung, partai bernomor urut 1 ini disinyalir mendapatkan peningkatan kursi sebesar 40 persen dari pemilu sebelumnya.

PKB melalui Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim menyebut telah merampungkan rekapitulasi di tingkat kecamatan. "Kami menggunakan rekapitulasi yang terbagi di dua kamar," kata Ketua Lembaga Pemenangan Pemilu (LPP) PKB Jatim, Fauzan Fuadi kepada Suryamalang.com, di Surabaya, Rabu (1/5/2019).

Dua metode yang dimaksud adalah pengumpulan formulir rekapitulasi tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) atau C1. Serta, hasil rekapitulasi tingkat Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) atau disebut formulir DA1.

Menggunakan rekapitulasi dua formulir tersebut, pihaknya mengaku optimistis akurasi data yang dikumpulkan. Yang mana, rekapitulasi menunjukkan peningakatan kursi yang signifikan.

Pada pemilu 2019 kali ini, Fauzan menyebut PKB akan mendapat 21 kursi DPR RI. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan pemilu sebelumnya yang baru mendapatkan 15 kursi dari jumlah daerah pemilihan (dapil) yang sama, yakni 11 dapil di Jatim.

Namun, pihaknya masih enggan membocorkan dapil mana saja yang memberikan kursi dengan jumlah signifikan bagi partainya. Pun demikian pula dengan sosok caleg yang disebut lolos. "Berdasarkan catatan kami, ada beberapa petahana yang kembali lolos," katanya.

Dengan jumlah peningkatan sebesar itu, PKB dinilai telah memenuhi target perolehan kursi, khusus dari dapil Jatim. "Alhamdulillah, seluruh dapil di Jatim Insya Allah terisi. Sebab, caleg yang lolos tersebar di semua dapil," katanya.

Pada pemilu 2019 kali ini, PKB memang masih mengandalkan beberapa petahana untuk bisa merebut kursi DPR RI. Misalnya, sosok Syaikhul Islam (Caleg PKB dari Dapil Jatim 1), Ibnu Multazam (Caleg PKB dari Dapil Jatim VII), hingga Abdul Muhaimin Iskandar (Caleg PKB dari Dapil Jatim 8).

Nama terakhir juga merupakan Ketua Umum PKB yang kini masih menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI. Di Dapil Jatim VIII, Cak Imin (sapaan Muhaimin Iskandar) menempati nomor urut 1.

Juga beberapa nama baru yang ikut meramaikan bursa pencalonan. Di antaranya Faisol Riza dan Anisah Syakur yang disebut sebagai Caleg potensial dari Dapil Jatim 2.

Fauzan menambahkan, ada beberapa daerah yang tak mendapat cottail effect secara langsung langsung dari pemilihan presiden. Meskipun mayoritas daerah dimenangkan pihaknya bersama paslon yang diusung partainya, Jokowi-Ma'ruf.

Misalnya, untuk daerah yang meloloskan caleg partainya, ternyata tak berbanding lurus dengan kemenangan pemilihan presiden. Di antaranya, dapil Jatim 11 yang membawahi empat kabupaten di Pulau Madura.

Untuk diketahui, di kawasan tersebut, pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, paslon yang juga diusung PKB, gagal meraih kemenangan. "Namun, PKB di dapil tersebut masih mendapat kursi," katanya.

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya masih akan menunggu hasil resmi penyelenggara pemilu. "Saat ini KPU kan masih bekerja. Kami masih dalam semangat yang sama untuk mengawal rekapitulasi," pungkasnya. 

Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved