Kabar Surabaya

PDIP dan PKB Sama-sama Naik di Jatim, Tapi PKB Belum Tentu karena Popularitas Jokowi

Politisi PKB: Kami sedang mengaji. Apakah kami masuk dalam daftar partai yang mendapat coattail effect atau tidak. Kami belum bisa menyimpulkan.

PDIP dan PKB Sama-sama Naik di Jatim, Tapi PKB Belum Tentu karena Popularitas Jokowi
suryamalang.com
Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Hikmah Bafaqih 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sedang mengaji efek ikutan dari pemilihan presiden (pilpres) terhadap suara partai di Jawa Timur. Sebab, dibandingkan PDI Perjuangan yang juga pengusung Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 01, Joko Widodo dan KH Ma'ruf Amin, PKB kurang mendapat efek elektoral.

Menurut perhitungan saint league terhadap 14 dapil Di Jatim, PKB mendapatkan 24 kursi. Meningkat 4 kursi dari periode 2014-2019. Jumlah perolehan PKB berada di urutan kedua di bawah PDI Perjuangan.

"Kami sedang mengaji. Apakah kami masuk dalam daftar partai yang mendapat coattail effect atau tidak. Kami belum bisa menyimpulkan," kata Wakil Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jatim, Hikmah Bafaqih ketika dikonfirmasi di Surabaya, Sabtu (11/5/2019).

Istilah coattail effect adalah kecenderungan pemimpin partai politik yang populer menjadi daya tarik bagi para pemilih untuk memilih calon lain dari partai yang sama. PDI Perjuangan termasuk yakin mendapat coattail effect berkat popularitas Jokowi.

Menurut Hikmah, sejauh ini kenaikan kursi partainya relatif wajar di DPRD Jatim.

Untuk diketahui, jumlah kursi DPRD Jatim periode 2019-2024 memang bertambah dari periode sebelumnya, 100 menjadi 120 kursi. "Sehingga, kalau kemudian kursi kami bertambah itu wajar," katanya.

"Kalau kemudian apakah ada hubungan dengan coattail effect, kami belum menyimpulkan," urainya.

Hikmah menjadi satu di antara caleg yang berpotensi masuk DPRD dari dapil Malang Raya (Jatim VI).

Mendapatkan 67.023 suara, mantan Ketua Tim Kampanye Calon Gubernur Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno ini menjadi caleg dengan suara terbanyak di partainya.

Selain Hikmah, Ketua DPW PKB Jatim yang juga masih menjabat sebagai Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar, juga melenggang ke DPRD. Ia mendapat 106.662 suara dari dapil Jatim 10.

Halaman
12
Penulis: Bobby Constantine Koloway
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved