Kabar Jember

Petugas Kereta Api Daop 9 Jember Periksa Jalur Menjelang Masa Angkutan Lebaran, Pastikan Rel Aman

PT KAI Daop 9 Jember mulai mempersiapan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia untuk mendukung pelayananan dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2019.

Petugas Kereta Api Daop 9 Jember Periksa Jalur Menjelang Masa Angkutan Lebaran, Pastikan Rel Aman
suryamalang.com/Sri Wahyunik
Petugas PT KAI Daop 9 Jember memeriksa jalur kereta api di wilayah Daop 9 Jember 

SURYAMALANG.COM, JEMBER - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional (Daop) 9 Jember mulai mempersiapan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia untuk mendukung pelayananan dan pelaksanaan angkutan Lebaran 2019. Persiapan ini untuk menyambut momen angkutan Lebaran 2019 mulai 26 Mei 2019 (H-10 Lebaran) sampai dengan 16 Juni 2019 (H+10).

Manajer Humas PT KAI Daop 9 Jember, Luqman Arif mengatakan, titik berat pelaksanaan angkutan lebaran terletak pada faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan kereta api. Hal yang dilakukan oleh pihak PT KAI Daop 9 Jember antara lain memeriksa seluruh lintasan kereta api di wilayah kerja secara detil.

“Upaya yang kami lakukan di antaranya pemeriksaan lintas dengan lori dresin maupun dengan jalan kaki,” ujar Luqman kepada Suryamalang.com, Senin (13/5/2019).

Petugas juga meningkatkan kewaspadaan pada perlintasan yang rawan ambles, longsor, banjir, tubuh ban labil dan sebagainya. Peningkatan kewaspadaan di jalur-jalur rawan tersebut melibatkan tenaga penjaga sebanyak 30 orang.

Kemudian juga adanya penambahan Petugas Pemeriksaan Jalur (PPJ) Ekstra mulai dari Resort 9.1 Pasuruan, Resort 9.2 Probolinggo, Resort 9.3 Leces, Resort 9.4 Klakah, Resort 9.5 Jatiroto, Resort 9.6 Jember, Resort 9.7 Kalisat, Resort 9.8 Kalibaru, dan Resort 9.9 Banyuwangi dengan tenaga ekstra sebanyak 28 orang.

Untuk Penjaga Jalan Lintasan (PJL) ekstra terutama di perlintasan tidak terjaga, lanjut Luqman, juga telah disiapkan sebanyak 96 petugas.

“Kami juga menyiapkan tim reaksi cepat atau Flying Gang Sintelis dan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) yang kami siapkan di emplasemen Stasiun Pasuruan, Kalisat, Kalibaru dan di atas gerbong yaitu di Stasiun Probolinggo, Jember dan Banyuwangi,” imbuhnya.

Luqman menambahkan, PT KAI Daop 9 Jember juga memastikan dari hasil pemeriksaan secara teknis, mulai dari kesiapan sarana, prasarana dan sumber daya manusia yang ada, tidak ditemukan kendala dan siap menyambut Angkutan Lebaran 2019.

“Pada masa Angkutan Lebaran 2019 nanti, semua pegawai operasional ditugaskan untuk posko secara bergantian dan pengajuan cuti ditangguhkan demi meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api,” pungkasnya.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved