Malang Raya

Setelah Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan Malang, Berikutnya Bandara Abdul Rachman Saleh Dikebut

Presiden Jokowi telah memberikan instruksi agar runway di Bandara Abdurahman Saleh diperpanjang 500 meter setelah resmikan tol Pandaan Malang.

Setelah Presiden Jokowi Resmikan Tol Pandaan Malang, Berikutnya Bandara Abdul Rachman Saleh Dikebut
SURYAMALANG.COM/Hayu Yudha Prabowo
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan jalan tol Pandaan Malang, Senin (13/5/2019). Setelah jalan tol beroperasi, Presiden meminta Bandara di Malang dijadikan bandara Internasional 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Aminatus Sofya

SURYAMALANG.COM, SINGOSARI - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mendorong perubahan status Bandara Abdul Rachman Saleh sebagai bandara internasional segera rampung usai meresmikan jalan tol Pandaan Malang, Senin (13/5/2019).

Keberadaan bandara di Malang yang berstatus sebagai bandara internasional, nantinya akan saling mendukung dengan keberadaan jalan tol Pandaan Malang untuk mendukung pengembangan potensi pariwisata yang ada di kawasan Malang Raya.

Sebagai awalan, Presiden Jokowi telah memberikan instruksi agar runway di Bandara Abdul Rachman Saleh diperpanjang 500 meter.

"Itu (Bandara Abdul Rachman Saleh) juga tadi menjadi salah satu pembicaraan kami karena ada sebuah potensi yang besar di sini. Run way untuk airportnya juga akan kami perpanjang 500 meter," kata Jokowi usai meresmikan Tol Pandaan-Malang di Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5/2019).

Presiden Jokowi Minta Tol Malang-Pandaan Gratis Sampai Mudik Lebaran Nanti

Jokowi Resmikan Tol Pandaan-Malang, Kemacetan Diklaim Berkurang 70 Persen

Adanya Tol Pandaan-Malang kata Jokowi, juga merupakan bentuk dukungan pemerintah terhadap pengembangan pariwisata dan ekonomi di kawasan Malang.

Tol sepanjang 38,4 Km ini diklaim bisa mengurangi kemacetan hingga 70 persen dan memangkas waktu tempuh Malang ke Surabaya menjadi hanya satu jam.

"Kalau dulu bisa 3 sampai 3,5 jam. Sekarang diperkirakan hanya butuh 1 jam dari Malang ke Surabaya," kata dia.

Terkait rencana perluasan tol hingga ke wilayah Malang selatan, Jokowi mengatakan hal itu masih dalam tahap studi kelayakan (feasibility study).

"Baru dalam feasibility study," ucapnya.

Ini Cara Nicholas Sean & Sherina Munaf Rayakan Hari Ibu Internasional, Siapa yang Paling So Sweet?

Nasib Pernikahan Raffi Ahmad & Nagita Slavina Dibongkar Denny Darko, Ada Hal Baru di Masa Depan

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan jika Tol Pandaan-Malang sudah terkoneksi dengan bandara internasional dapat meningkatkan jumlah wisatawan mencapai 7,2 juta wisatawan ke Batu dan Malang.

"Kalau sudah sampai pada ruas IV dan V, kita bisa dapatkan 7,2 Juta wisatawan ke Batu, kalau nanti sudah bisa disupport oleh internasional airport," ucap Khofifah.

Selain itu, Khofifah berharap Tol Pandaan Malang dapat menggerakan perkembangan ekonomi di segitiga wilayah Malang, yakni Wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang, serta Batu

"Kita berharap segitiga wilayah ini akan menjadi Malang raya yang menjadi sentra pertumbuhan ekonomi yang luar biasa," ujarnya.

Bandara Abd Saleh Malang
Bandara Abd Saleh Malang (surya/hayu yudha prabowo)
Editor: Dyan Rekohadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved