Kabar Surabaya

Barang Bukti dari Joki Ujian Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya

Humas UM Surabaya, Radius Setiyawan mengungkapkan sejumlah dokumen kelengkapan peserta tes telah disita bersamaan dengan ponsel dan identitas diri kel

Barang Bukti dari Joki Ujian Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surabaya
um-surabaya.ac.id
Universitas Muhammadiyah Surabaya 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Panitia tes masuk Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya mengamankan identitas dan kelengkapan pendaftaran empat joki dan satu pengguna jasa joki, Selasa (21/5/2019).

Hal ini dilakukan saat panitia memanggil kelima peserta tes yang terlihat berkomunikasi selama jalannya tes.

Humas UM Surabaya, Radius Setiyawan mengungkapkan sejumlah dokumen kelengkapan peserta tes telah disita bersamaan dengan ponsel dan identitas diri kelima peserta tes tersebut.

Kelima peserta tes tersebut empat di antaranya diketahui merupakan penyedia jasa joki ujian yaitu RD (18) dan Inam (19) mengaku sebagai mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), BA (22) mengaku mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) dan MM (17) yang merupakan alumnus salah satu SMA negeri di Kediri.

"Data diri mereka kami dapat dari KTP dan SIM, kelengkapan peserta tes juga kami ambil. Apalagi slip pembayaran keempat orang joki dibayar atas nama rekening yang sama,"ujarnya, Selasa (21/5/2019).

Kelengkapan peserta tes yang disita meliputi foto copy ijazah, slip pembayaran tes, soal dan jawaban tes. Kelima handphone peserta ini juga diambil panitia.

"Kami tidak menemukan KTM (Kartu Tanda Mahasiswa) mereka yang mengaku dari UGM dan ITB. Semua barang yang kami ambil kami serahkan ke polisi,"urainya.

Untuk sementara status kelima pria yang terdiri dari penyewa dan empat joki ini masih saksi. Namun, satu joki yaitu BA (22) akan dijerat dengan pasal pemalsuan identitas karena ditemukan data ijazah yang berbeda dengan KTP yang dimilikinya.

Penulis: sulvi sofiana
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved