Kabar Jakarta

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Awal Pekan Ini Rp 14.351 Per Dollar AS

Penguatan rupiah tampaknya disebaban oleh situasi domestik pekan ini terlihat kondusif dibanding pekan lalu yang memanas.

Nilai Tukar Mata Uang Rupiah Awal Pekan Ini Rp 14.351 Per Dollar AS
SURYAMALANG.COM/Sugiharto
Nilai tukar mata uang rupiah menguat 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Nilai tukar mata uang rupiah dibuka menguat pada perdagangan awal pekan ini. Hal itu tampaknya disebaban oleh situasi domestik pekan ini terlihat kondusif dibanding pekan lalu yang memanas.

Berdasarkan data Bloomberg, Senin (27/5) pukul 09.55 WIB rupiah tumbuh 0,28 persen di level Rp 14.351 per dollar Amerika Serikat (AS). Sejak pembukaan pasar mata uang Garuda dibuka cenderung menguat di level Rp 14.360 per dollar AS.

Sementara pada penutupan perdagangan pekan lalu, rupiah ditutup menguat 0,61 persen di level Rp 14.390 per dollar AS.

Analis Monex Investido Futures, Ahmad Yudiawan mengatakan, pasar menganggap situasi dalam negeri jauh lebih kondusif pada pekan ini. Situasi politik yang sempat memanas pekan lalu saat ini terasa mereda, sehingga sudah tidak khawatir lagi terhadap tekanan itu.

Dia menambahkan, katalis lain datang dari keberlanjutan sentiment pekan lalu. BI yang mengatakan jual beli pasar valuta asing lancar, yakni dalam hal penukaran devisa hasil ekspor (DHF).

Sementara dari eksternal, rupiah memanfaatkan pelemahan dollar AS di tengah rilis manufaktur AS yang negative. “Investor tampaknya masih tertuju di pasar emerging market, termasuk Indonesia,” kata Ahmad kepada Kontan.co.id, Senin (27/4)

Ahmad memprediksi sampai dengan penutupan perdagangan mata uang rupiah masih bias menguat lagi dengan rentang pergerakan Rp 14.150 - Rp 14.550 per dollar AS.

Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved