Breaking News:

Kabar Sidoarjo

Jalan Tol Jadi Prioritas Pengamanan Arus Mudik Lebaran Di Sidoarjo

Jalan tol menjadi salah satu prioritas utama pengamanan petugas kemanan pada musim mudik lebaran Idul Fitri tahun ini.

Penulis: M Taufik
Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/M Taufik
Kapolresta bersama sejumlah pejabat di Sidoarjo memeriksa kesiapan petugas di sela Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2019 di Polresta Sidoarjo. 

SURYAMALANG.COM, SIDOARJO - Jalan tol menjadi salah satu prioritas utama pengamanan petugas kemanan pada musim mudik lebaran Idul Fitri tahun ini. Termasuk akses keluar masuk jalan tol di berbagai wilayah.

Di Sidoarjo, kawasan Jalan Pahlawan bakal menjadi perhatian serius karena jalur itu merupakan akses utama keluar masuk tol di kawasan Kota Sidoarjo.

"Kami dirikan posko di Bundaran Taman Pinang untuk antisipasi penumpukan kendaraan di kawasan itu," kata Kapolresta Sidoarjo, Kombes Pol Zain Dwi Nugroho, Selasa (28/5/2019).

Selain itu, kawasan sekitar pintu tol Waru juga bakal menjadi perhatian. Disana Polresta Sidoarjo bekerjasama dengan PJR Polda Jatim dan Jasamarga.

Secara keseluruhan, dalam Operasi Ketupat Semeru 2019 di wilayah Kabupaten Sidoarjo sendiri, ada 771 personel yang dikerahkan. Itu terdiri dari Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Dinkes, Damkar, Senkom, Banser, Pramuka, dan Orari.

Dalam upaya pengamanan mudik lebaran, Polresta Sidoarjo mendirikan 5 Pos Pengamanan, 2 Pos Pelayanan dan 2 Pos Terpadu di beberapa titik Kabupaten Sidoarjo.

Pos PAM (Pengamanan) didirikan di Kecamatan Krian, Balongbendo, Taman, Tarik, dan Porong. Sementara untuk Pos YAN (Pelayanan) disiapkan di Terminal Purabaya Bungurasih Waru, dan Bundaran Taman Pinang Indah. Ada juga Pos Terpadu di Terminal 1 dan 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo.

"Hari ini kami cek kesiapan pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu di beberapa titik di Sidoarjo. Agar pos-pos Polresta Sidoarjo nantinya dapat terus siaga melayani masyarakat di perayaan Idul Fitri," imbuh Kapolresta Sidoarjo.

Kasat Lantas Polresta Sidoarjo, Kompol Fahrian Saleh Siregar menambahkan, target utama operasi ini adalah menekan angka kecelakaan lalulintas, serta meminimalisir kemacetan di jalur mudik.

"Tol Trans Jawa sudah beroperasi, sehingga berpotensi jalur ini menjadi primadona pemudik. Karenanya, jalan tol juga menjadi salah satu prioritas dalam pengamanan mudik lebaran tahun ini," ujar Fahrian.

Sat Lantas Polresta Sidoarjo, selama musim mudik lebaran ini bertugas memantau arus lalu lintas di Tol Waru Gunung. Update akan dilakukan setiap tiga jam sekali.

"Tahun lalu, saat masih fungsional, Waru Gunung sempat membludak dan macet. Makanya, sekarang perlu diwaspadai, meski sudah beroperasi normal," tukas dia.

Termasuk di pintu tol Waru, pintu Tol Sidoarjo, dan jalur menuju Malang juga menjadi perhatian. Ada petugas khusus yang ditempatkan di titik-titik tersebut untuk terus melakukan pemantauan.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved