Breaking News:

Kabar Surabaya

Dirkamsel Korlantas Polri: Taat Aturan Lalu Lintas Itu Termasuk Niat Agar Selamat Di Perjalanan

Kondisi lancar di jalan ini seringkali mengundang pengemudi untuk memacu kendaraannya melampaui batas kecepatan maksimum.

Penulis: Wiwit Purwanto
Editor: Achmad Amru Muiz
suryamalang.com/Wiwit Purwanto
Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana, M.Si dalam kegiatan di Surabaya, Sabtu (01/06/2019). 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Budaya mudik di Indonesia mulai berlangsung. Salah satu kesiapan yang harus dipenuhi adalah insfrastruktur dan kondisi pengemudi bila menggunakan kendaraan pribadi.

Hal itu yang dipastikan Dirkamsel (Direktur Keamanan dan Keselamatan) Korlantas Polri Brigjen Pol Dr Chryshnanda Dwilaksana M.Si yang berkeliling ke sejumlah daerah, termasuk berkeliling ke Jawa Timur.

“Secara umum Jawa Timur bisa dikatakan lancar, tetapi dengan kondisi lancar ini kita harus waspada,” kata Chryshnanda Dwilaksana kepada wartawan, Sabtu (01/06/2019).

Menurutnya, kondisi lancar di jalan ini seringkali mengundang pengemudi untuk memacu kendaraannya melampaui batas kecepatan maksimum. “Nah kalau berlalulintas kita tidak sendiri ada orang lain, pengemudi harus peka harus memperhitungkan keselamatan diri dan keselamatan orang lain,” tegasnya.

Menyinggung beberapa kecelakaan lalulintas yang terjadi di jalur Tol Trans Jawa, kata Chryshnanda, kecelakaan itu bukan lagi accident tapi sudah crash. “Crash ini berarti ada kecepatan, nah kecepatan ini yang harus dikendalikan,” tukasnya.

Mudik dengan menggunakan jalur jalan tol dengan jarak tempuh yang panjang memerlukan pemahaman dan penyiapan fisik, kendaraan, dan berbagai prediksi serta solusi. Karenanya, perlu kesiapan yang matang sebelum berangkat.

Untuk penanganannya, ia menyebut, lima hal yang perlu menjadi perhatian, yaitu, kebutuhan, kapasitas, prioritas, kecepatan dan emergency.

Kebutuhan, untuk memenuhi standar kapasitas, prioritas dan emergencynya. Untuk standar kapasitas adalah menentukan prioritas pengaturan tingkat kepadatan dari pengalihan arus, contra flow hingga sistem one way.

Termasuk pula penerapan sistem pemantauan hingga penegakkan hukum. “Ada sistem berbasis IT dengan kualitas pelayanan kepada publik yang dapat dirasakan secara signifikan oleh masyarakat,” tambahnya.

Berkaitan dengan itu, Chryshnanda ada program Road Safety, standar-standar pelayanan publik yang perlu diupayakan secara terus menerus secara sinergis dan berkesinambungan.

Tips singkatnya, ungkap Chryshnanda, agar selamat dan aman diperjalanan adalah niatkan keselamatan.

“Niat keselamatan ini yang utama dan pertama, taat aturan itu termasuk niat, operasional siap dan kendaraan harus siap, kelengkapan surat dan kesadaran bukan karena terpaksa,” tuturnya.

Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved