Malang Raya

Ini Jalur Alternatif di Kabupaten Malang Solusi Hindari Kemacetan

Berdasarkan pantauan di lokasi, dari arah Kota Malang, kepadatan lebih terkonsentrasi di jalur di depan PT Bentoel arah ke Jalan Tol Malang - Pandaan

Ini Jalur Alternatif di Kabupaten Malang Solusi Hindari Kemacetan
SURYAMALANG.COM/M Erwin
Pengguna jalan melewati jalur alternatif dari arah Jalan Tunjungtiro menuju Singosari dan jalur utama ke Surabaya, Sabtu (8/6/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Sejumlah jalur utama menuju wilayah Kabupaten Malang, Kota Malang maupun Kota Batu mengalami kepadatan. Seperti halnya kepadatan yang terjadi di area Underpass Karanglo, Sabtu (8/6/2019).

Berdasarkan pantauan di lokasi, dari arah Kota Malang, kepadatan lebih terkonsentrasi di jalur di depan PT Bentoel arah ke Jalan Tol Malang - Pandaan.

Sedangkan dari arah Surabaya, penumpukan kendaraan terjadi di arah persimpangan menuju Kota Batu dan Jalan Tol Malang - Pandaan. Kepadatan lalu lintas ini diprediksi sampai hari Minggu (9/6/2019).

Tak hanya di area Underpass Karanglo. Kepadatan lalu lintas juga terjadi di jalan arteri Pakisaji - Kepanjen. Penumpukan kendaraan terlihat mulai dari pertigaan arah Karangduren Pakisaji hingga memasuki Jalan Raya Pepen. Kendaraan yang melintas didominasi kendaraan pribadi. Mulai dari mobil hingga sepeda motor.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Malang, Hafi Lutfi menjelaskan pihaknya sudah memetakan jalur alternatif di Kabupaten Malang. Jalur alternatif tersebut bisa jadi pilihan pengguna jalan hindari kepadatan lalu lintas.

"Ada beberapa jalur yang bisa jadi pilihan hindari kemacetan. Jalur alternatif ini bisa dilewati kendaraan roda dua dan roda empat," terang Lutfi ketika dikonfirmasi, Sabtu (8/9/2019).

Lutfi menerangkan, dari Kabupaten Malang wilayah utara terdapat jalur alternatif ruas jalan Pasar Karangploso - Lawang.

"Jalan ini bisa dilalui lewat rute Pasar Karangploso - Desa Bocek - Desa Klampok - Kelurahan Lawang - Desa Ketindan Sentong. Nanti keluarnya di Simpang 3 depan Dempom Lawang," imbuhnya.

Jika menemui kepadatan menuju Kepanjen, Lutfi menyarankan bisa melalui rute Simpang 4 Gadang - Desa Kendalpayak - lurus sampai jalan keluar Simpang 3 Panarukan Kepanjen.

"Sedangkan dari Kepanjen ke Sumberpucung arah Blitar, alternatifnya bisa rute Desa Pepen - Simpang 3 Jalibar dan keluar di Simpang 4 Talangagung Kepanjen. Waktu tempuh jalur-jalur alternatif tersebut mulai dari 8 menit hingga 73 menit," paparnya.

Di sisi lain, Lutfi membenarkan seiring dengan beroperasinya jalan tol Pandaan - Malang, kemacetan di jalur arteri Lawang - Singosari bisa turun hingga 65 persen.

"Penurunan kemacetan di jalur Karanglo (Singosari) sampai Lawang bisa 50-65 persen. Karena pengendara roda empat atau lebih, cenderung pilih lewat jalan tol," ungkap Lutfi.

Lutfi menambahkan, adanya jalan tol juga berimbas pada lengangnya berbagai jalur alternatif menuju Surabaya, yang tersebar di Singosari hingga Lawang.

"Kemungkinan lewat jalan alternatif juga berkurang, jalanannya juga kondisinya ada beberapa kurang baik. Kayaknya lebih banyak sudah beralih ke tol," tandasnya.

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved