Malang Raya

Bantuan SPP Gratis Memudahkan Perencanaan Kegiatan Sekolah

Rencana bantuan SPP sesuai jumlah siswa dari Pemprov Jatim untuk SMA-SMK memudahkan sekolah membuat perencanaan kegiatan sekolah.

Bantuan SPP Gratis Memudahkan Perencanaan Kegiatan Sekolah
Sylvianita Widyawati
Suasana pengambilan PIN pendaftaran hari pertama di SMAN 8 Kota Malang beberapa waktu lalu. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Rencana bantuan SPP sesuai jumlah siswa dari Pemprov Jatim untuk SMA-SMK memudahkan sekolah membuat perencanaan kegiatan sekolah. Sebab ada kepastian pemasukan.

"Jika SPP dari masyarakat sulit diprediksikan. Pada bulan-bulan tertentu kadang sedikit yang membayar meski aturannya membayar setiap bulan," kata Sasongko, Wakil Kepala SMAN 8 Kota Malang, kepada wartawan, Senin (10/6/2019).

Pada bulan tertentu, lanjurnya, banyak yang bayar karena ujian. "Dengan bantuan pemprov, maka pemasukan pasti," kata dia. Namun ia belum mengetahui apakah selain SPP masih diperbolehkan ada peran serta masyarakat untuk membantu sekolah.

Selama ini, SPP untuk SMAN Kota Malang Rp 200.000 termasuk bantuan dari masyarakat. Berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya, SPP tiap kota/kabupaten di Jatim ditetapkan Gubernur Jatim berbeda.

Besaran SPP SMA dengan SMK juga beda. Dikatakan, adanya bantuan atau peran serta masyarakat bisa membantu mengembangkan sekolah. Sedang dari SPP bisa untuk operasional harian sekolah.

Pada tahun lalu, SMAN 8 lewat komite sekolah mengundang wali murid baru mengenai program sekolah. Tapi yang tahun ini belum tahu bagaimana karena hanya membahas SPP gratis. Mistaram, pengamat pendidikan Kota Malang menyatakan soal SPP gratis memang kebijakan Gubernur Jatim meski biayanya sangat besar. Namun perlu diantisipasi juga tidak ada penurunan kualitas sekolah.

"SPP boleh gratis tapi pada bidang-bidang tertentu perlu partisipasi masyarakat. Perlu diberikan porsi," kata dia. Ia menyatakan pernah studi di daerah ada sekolah favorit digratiskan. Akhirnya mengalami penurunan kualitas. Partisipasi masyarakat perlu misalkan pada SMKN-SMKN yang perlu fasilitas agar bisa mempertahankan kualitasnya.

Untuk SMA-SMK swasta di Jatim rencana juga mendapat bantuan SPP yang sifatnya bisa jadi subsidi. Sebab SPP swasta besarannya biasanya beda dengan sekolah negeri.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved