Kota Batu

Pemkot Batu Akan Lengkapi Fasilitas TPA Tlekung Dengan Jembatan Timbang Dan Cuci Armada

Adanya jembatan timbang nantinya akan bisa mengontrol jumlah sampah yang dihasilkan dari masyarakat kota Batu.

Pemkot Batu Akan Lengkapi Fasilitas TPA Tlekung Dengan Jembatan Timbang Dan Cuci Armada
suryamalang.com/Sany Eka Putri
Kondisi TPA Tlekung Kota Batu yang penuh dengan sampah dan di bagi ke dalam dua zona yaitu sel aktif dan sel pasif. 

SURYAMALANG.COM, BATU - Pemkot Batu akan menambah fasilitas pelengkap untuk standarisasi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah di Tlekung.

Fasilitas tersebut berupa jembatan timbang dan tempat cuci armada dimana keduanya memiliki fungsi masing-masing. Seperti jembatan timbang ini untuk standar pengelolaan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batu, Arief As Siddiqi mengatakan, nantinya armada pengangkut sampah begitu masuk ke TPA akan ditimbang. "Untuk standar TPA kan harus ada jembatan timbang, ini kami buat agar mengetahui berapa jumlah sampah yang masuk ke Kota Batu," kata Arief, Selasa (11/6).

Selama ini, armada pengangkut sampah begitu masuk langsung ditaruh di sel zona aktif di TPA Batu. Dan saat ini masih proses pembangunan hanggar untuk jembatan timbang di TPA Batu. Anggaran untuk hanggar ini sekitar Rp 175 juta.

"Rencananya masuk di PAK untuk peralatan timbang di TPA ini. Ya rencana nanti lelang," imbuhnya.

Menurut Arief, adanya jembatan timbang nantinya akan bisa mengontrol jumlah sampah yang dihasilkan dari masyarakat kota Batu. Apalagi nantinya tahun 2020 program Wali Kota Batu, membebaskan kota Batu dari sampah. Dengan menggandeng berbagai komunitas yang berkecimpung di pecinta dan peduli lingkungan. 

Penulis: Sany Eka Putri
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved