Kabar Bojonegoro

Api Berkobar di Hutan Jati Bojonegoro Akibat Petani Penggarap Lahan Membakar Rumput Kering

Sebagian dari lahan hutan jati di petak 8A Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Dander, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bojonegoro, terbakar, Senin (24/6/2

Api Berkobar di Hutan Jati Bojonegoro Akibat Petani Penggarap Lahan Membakar Rumput Kering
Ist
Petugas Damkar BPBD Kabupaten Bojonegoro memadamkan api yang membakar kawasan hutan di KPH Bojonegoro. 

SURYAMALANG.COM, BOJONEGORO - Sebagian dari lahan hutan jati di petak 8A Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Dander, Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Bojonegoro, terbakar, Senin (24/6/2019), sekitar pukul 14.39 WIB.

Kebakaran kawasan hutan yang berada di wilayah administratif Desa/Kecamatan Dander, Bojonegoro itu disebabkan petani penggarap yang membakar rumput kering.

Petugas Damkar BPBD Kabupaten Bojonegoro langsung datang ke lokasi untuk memadamkan api.

"Kami sampai di lokasi pukul 15.04 WIB dan selesai pemadaman pukul 16.07 WIB," Kata Kabid Damkar BPBD Kabupaten Bojonegoro, Sukirno kepada wartawan.

Dia menjelaskan awal kejadian kebakaran, bermula saat ada petani penggarap lahan yang membakar rumput kering.

Lalu tiba-tiba api yang membesar merembet ke pohon jati sehingga si jago merah menghanguskan sebagian pohon di sekitar lokasi.

Petugas memadamkan api dengan menggunakan air dari mobil Damkar, lalu memakai cara pemadaman tradisional dengan cara penyekatan dan menggepyok (memukul-mukul) dengan ranting pohon.

"Selang tidak menjangkau titik kebakaran, sehingga kami gunakan metode tradisional. Ada satu unit Damkar dan tujuh personil yang diturunkan, untuk kerugian materi nihil," pungkasnya.

Penulis: Mochamad Sudarsono
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved