Kabar Surabaay

Gempa 6.0 SR Guncang Bali, BPNB Jatim Sebut Dua Kabupaten Terdampak Getaran Gempa

Ada dua kabupaten di Jatim yang terdampak getaran gempa. Meliputi Kabupaten Banyuwangi dan Jember yang menimbulkan sejumlah kerusakan bangunan.

Gempa 6.0 SR Guncang Bali, BPNB Jatim Sebut Dua Kabupaten Terdampak Getaran Gempa
Ist
Kondisi rumah warga di Kecamatan Srono Banyuwangi yang rusak akibat gempa berkekuatan 6.0 SR. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com,  Luhur Pambudi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pulau Dewata Bali diguncang gempa berkekuatan 6.0 Skala Rikter (SR), sekitar pukul 08.18 WIB, Selasa (16/7/2019). 

Gempa tersebut terjadi pada Lok:9.11 LS,114.54 BT. Berada di 83 km Barat Daya Nusa Dua Bali, dengan kedalaman 68 Kilometer. Dampak getaran juga dirasakan beberapa kawasan wilayah di Jatim yang berdekatan dengan pusat gempa.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim, Suban Wahyudiono menjelaskan, kawasan yang terdampak oleh getaran gempa. Ada dua kabupaten di Jatim yang terdampak getaran gempa. Meliputi Kabupaten Banyuwangi dan Jember.

Di Banyuwangi terdapat sedikitnya ada 12 bangunan di 11 kecamatan yang terdampak Tiga bangunan diantararanya adalah masjid dan mushola. Enam bangunan rumah, dua diantaranya ada di Kecamatan Muncar. Tiga kantor insitusi pemerintahan.

Diungkapkan Suban, di Kabupaten Jember terdapat empat bangunan yang rusak Rincian data bangunan rusak di Kabupaten Jember akibat gempa sebagai berikut: Bangunan objek vital, meliputi satu bangunan rumah sakit, satu SDN Sumbersalak, dan sebuah puskesmas. Dan bangunan rumah warga ada satu rusak.

“Pemberian bantuan oleh BPBD kepada korban berupa paket sembako, paket sandang, paket perlengkapan makan, terpal, tikar gulung dan slimut. Termasuk Memberikan himbauan kepada masyarakat melalui media sosial dan radio,” jelas Suban dalam keterangan tertulisnya, Selasa (16/7/2019).

Editor: Achmad Amru Muiz
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved