Malang Raya

Limbah Biomassa Pertanian Diikutkan di MTQ Mahasiswa Nasional Di Aceh

Tim kafilah MTQ Universitas Brawijaya (UB) Malang akan berangkat mengikuti kegiatan MTQ mahasiswa nasional di Aceh pada 25 Juli 2019.

Limbah Biomassa Pertanian Diikutkan di MTQ Mahasiswa Nasional Di Aceh
Suryamalang.com/Sylvianita Widyawati
Akhmad Muwafik Saleh, Ketua Tim Kafilah MTQ Universitas Brawijaya (UB) Malang (kanan) dengan tim CBOMS yang akan berlaga di cabang lomba di MTQ Mahasiswa Nasional di Aceh dua pekan mendatang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Tim kafilah MTQ Universitas Brawijaya (UB) Malang akan berangkat mengikuti kegiatan MTQ mahasiswa nasional di Aceh pada 25 Juli 2019.

Sebanyak 15 cabang lomba akan diikuti dan melibatkan 30 mahasiswa. Termasuk ikut lomba Desain Aplikasi Al Quran dan Karya Ilmiah Al Quran.

Dalam karya ilmiah mengandalkan pengolahan selulosa dari limbah biomassa pertanian lewat CBOMS.

“Targetnya minimal juara umum atau juara umum,” jelas Akhmad Muwafik Saleh, Ketua Tim Kafilah MTQ UB pada suryamalang.com, Kamis (18/7/2019).

Pesaing terberat adalah Universitas Negeri Malang (UM) yang merupakan juara umum sebelumnya. Dikatakan, persiapan tim UB sudah matang.

“Jumlah perguruan tinggi yang ikut makin banyak, terutama yang di Sumatera karena diselenggarakan si Aceh,” jelas Wakil Dekan III Fisip UB ini.

Untuk itu, kafilah MTQ akan dikarantina pada 20-21 Juli 2019. Selanjutnya pelepasan tim oleh rektor pada 24 Juli 2019.

Sementara tim CBOMS yaitu pengolahan selulosa dari limbah biomassa berteknologi pulsed electric field adalah dua mahasiswa FTP yaitu Sakinah Hilya dan dan Khodijah Adrebi. Keduanya dari Bioteknologi angkatan 2017.

“Inovasi kami adalah teknologi yang bisa mengolah limbah biomassa pertanian menjadi  produk pulp  atau bubur kertas,” terang Sakinah.

Dikatakan limbah biomassa pertanian cukup banyak seperti tongkol jagung, ampas tebu dll.

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Zainuddin
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved