Malang Raya

Tinggal Uji Laik, Tol Pandaan Malang Seksi IV Hubungkan Singosari - Pakis Segera Beroperasi

Karena meski sudah beroperasi pada arus mudik lebaran lalu, Tol yang menghubungkan antara Singosari dan Pakis ini belum melakukan uji layak fungsi.

Tinggal Uji Laik, Tol Pandaan Malang Seksi IV Hubungkan Singosari - Pakis Segera Beroperasi
suryamalang.com/Hayu Yudha Prabowo
Arus lalu lintas pertemuan jalan pintu keluar tol Malang-Pandaan (Mapan) Seksi 4 dan jalan arteri di Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, PAKIS - Tol Pandaan Malang seksi IV bakal segera beroperasi dalam waktu dekat ini. Karena meski sudah beroperasi pada arus mudik lebaran lalu, Tol yang menghubungkan antara Singosari dan Pakis ini belum melakukan uji layak fungsi.

Segala proses persiapan kini telah dimatangkan oleh PT Jasa Marga Tol Pandaan Malang (JPM) untuk mempersiapkan uji laik fungsi tersebut.

"Saat ini proges pembangunan sudah mencapai 97 persen, tinggal proses finishing saja," kata Direktur Teknik JPM, Siswantono kepada SURYAMALANG.COM, Sabtu (20/7).

Sebelum melakukan uji laik fungsi, pihaknya lebih dulu menyerahkan Provisional Hand Over (PHO) atau serah terima dari kontraktor ke Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Setelah itu selesai, pihaknya baru mengirimkan surat uji laik fungsi kepada Kementerian PUPR. "Kami sudah mengirim surat ke Kementerian PUPR. Kini tinggal menunggu kabar saja," ujarnya.

Untuk proses uji laik ini sendiri, Siswantono belum bisa memastikan kapan akan segera dilaksanakan. Namun sembari menunggu kabar tersebut, pihaknya kini memfokuskan tahapan finishing seperti melakukan perbaikan di pintu tol seksi IV.

Dikarenakan masih ada beberapa tiang listrik PLN yang masih harus dirapikan. "Untuk lampu penerangan, rambu-rambu lalu lintas semua sudah selesai. Tinggal di pintu keluar saja yang harus kami perbaiki," ujarnya.

Siswantono mengatakan, untuk proses uji laik fungsi konsepnya akan sama dengan Tol Pandaan Malang di seksi I, II, dan III. Yakni dengan melibatkan beberapa instansi dan proses uji laik akan digelar selama beberapa hari.

Sementara itu, untuk di seksi V Tol Pandaan Malang, JPM menargetkan pada November mendatang pembangunan harus sudah selesai.

Pembangunan jalur sepanjang 3,1 Kilometer yang menghubungkan Pakis ke Madyopuro itu kini sudah mencapai 45 persen. Pihak JPM sendiri hingga kini masih menunggu pembebasan lahan tuntas sembari melakukan pembangunan.

"Memang kami masih terkendala pembebasan lahan. Saat ini kami masih fokuskan untuk pembuatan konstruksi pembangunan," tandasnya.

Penulis: Mochammad Rifky Edgar Hidayatullah
Editor: Achmad Amru Muiz
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved