Breaking News:

Nasional

Bertemu Egianus Kogoya Tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang Berbahaya, Tak Segan Membunuh

Bertemu Egianus Kogoya Tokoh Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang Berbahaya, Tak Segan Membunuh Polri dan TNI serta Warga

IST
Egianus Kogoya (kanan) yang dianggap oleh TNI/Polri sebagai orang yang paling bertanggungjawab terhadap berbagai aksi penembakan di Kabupaten Nduga, Papua. 

SURYAMALANG.COM, JAYAPURA - Egianus Koyoga dicap sebagai tokoh paling berbahaya dalam Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang ingin melepaskan diri dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Upaya melepaskan diri dari NKRI ini pun sering menghadirkan konflik bersenjata di Kabupaten Nduga, Papua, dan hingga kini terus terjadi.

Baku tembak yang mewarnai konflik tak jarang melukai, bahkan menewaskan sejumlah orang, mulai dari personel TNI/Polri maupun anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Masuk NKRI, Katanya Merasa Ditipu & Hidup Menderita di Hutan

Petinggi Organisasi Papua Merdeka (OPM) Masuk NKRI, Katanya Merasa Ditipu & Hidup Menderita di Hutan

Setiap konflik yang terjadi di Nduga, selalu muncul nama Egianus Kogoya.

Lantas, siapa sebenarnya Egianus Kogoya yang dianggap sebagai tokoh di balik konflik Nduga?

Pejabat TNI/Polri menyebut Egianus Kogoya sebagai pemimpin Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Nduga.

Egianus Koyoga dianggap sebagai tokoh yang paling bertanggung jawab atas aksi serangan yang dilancarkan kelompok kriminal bersenjata.

Wakil Kepala Penerangan Kodam (Wakapendam) XVII/Cenderawasih Letkol TNI Dax Sianturi mengatakan, Egianus Kogoya merupakan pemimpin OPM yang sebelumnya berafiliasi dengan OPM pimpinan Goliath Tabuni di Kabupaten Puncak Jaya.

Selama terjadi kontak senjata antara TNI dengan OPM, menurut Dax, sulit bagi pasukan TNI untuk memastikan keberadaan Egianus Koyoga.

Sebab, anggota KKB selalu bersembunyi dalam hutan.

Halaman
1234
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved