Kabar Lumajang

Ngeri! Bom Latih Seberat 100 Kg Terjatuh dari Pesawat Sukhoi di Desa Bago, Lumajang

#LUMAJANG - Ngeri! Bom Latih Seberat 100 Kg Terjatuh dari Pesawat Sukhoi di Desa Bago, Kecamatan Pasirian

Ngeri! Bom Latih Seberat 100 Kg Terjatuh dari Pesawat Sukhoi di Desa Bago, Lumajang
ist
Warga Dusun Krajan Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dibuat panik dan heboh karena sebuah bom latih jatuh di dusun setempat, Jumat (6/9/2019) pagi. Bom latih itu jatuh dari pesawat Sukhoi milik TNI AU yang sedang latihan di wilayah udara Air Weapon Range (AWR) Pandawanwangi, Tempeh, Lumajang. 

#LUMAJANG - Ngeri! Bom Latih Seberat 100 Kg Terjatuh dari Pesawat Sukhoi di Desa Bago, Kecamatan Pasirian

SURYAMALANG.COM, LUMAJANG - Warga Dusun Krajan Desa Bago Kecamatan Pasirian Kabupaten Lumajang dibuat panik dan heboh karena sebuah bom latih jatuh di dusun setempat, Jumat (6/9/2019) pagi.

Dari data yang dihimpun SuryaMalang.com, bom latih itu jatuh dari pesawat Sukhoi milik TNI AU yang sedang latihan di wilayah udara Air Weapon Range (AWR) Pandawanwangi, Tempeh, Lumajang.

Warga dusun setempat panik saat bom latih seberat 100 - 125 Kg itu jatuh dari pesawat Sukhoi dan menancap di tanah. Ketika itu, pesawat tersebut sedang melintas di wilayah udara Pasirian.

Bom latih tersebut jatuh di kebun tebu Dusun Krajan Desa Bago Kecamatan Pasirian. Bom latih itu jatih ketika pesawat Sukhoi melintas.

Ngeri! Ada Bom 50 Kg Diduga Masih Aktif di Tepi Sungai Brantas Wilayah Ngujang, Tulungagung

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Warga yang mengetahui itu kemudian melapor ke Polsek dan Koramil Pasirian.

Meski terjatuh, bom itu tidak meledak, dan hanya mengeluarkan asap.

“Kejadian ini terjadi akibat adanya 'human-error' dan untungnya tidak ada korban jiwa maupun materiil akibat jatuhnya bom seberat 125 Kg tersebut," terang Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban kepada SuryaMalang.com, Jumat (6/9/2019).

Bom latih yang jatuh itu sudah dievakuasi dan dikembalikan ke lokasi latihan AWR Pandanwangi.

Mengutip keterangan pihak AWR yang dikirimkan Polres Lumajang kepada media, bahwa bom yang terjatuh tidak memiliki daya ledak.

Sebab bom itu hanya dipakai untuk latihan saja. Bom itu hanya mengeluarkan asap saja. Pihak AWR juga berjanji akan lebih berhati-hati dalam pengoperasian pesawat tempur saat berlatih, supaya kejadian serupa tidak terjadi lagi.

"Karena tujuannya semata-mata untuk latihan saja dan saya minta warga agar tidak panik terkait kejadian ini,” tegas Arsal.

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved