Kabar Lamongan

Mahasiswa Muhammadiyah Lamongan: Kalau Sakit ke Dukun Saja, Iuran BPJS Naik, Rakyat Menjerit!

Mahasiswa Muhammadiyah Lamongan: Kalau Sakit ke Dukun Saja, Iuran BPJS Naik, Rakyat Menjerit!

Mahasiswa Muhammadiyah Lamongan: Kalau Sakit ke Dukun Saja, Iuran BPJS Naik, Rakyat Menjerit!
hanif masyhuri
Sekitar 370 anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lamongan dari berbagai perguruan tinggi menggelar demonstrasi menolak kenaikan iuran BPJS, Kamis (26/9/2019). 

SURYAMALANG.COM, LAMONGAN - Sekitar 370 anggota Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Lamongan dari berbagai perguruan tinggi menggelar demonstrasi menolak kenaikan iuran BPJS, Kamis (26/9/2019).

Mereka unjuk rasa bersamaan dengan acara pengambilan pelantikan pimpinan DPRD Lamongan.

Massa bergerak dari depan kantor Pimpinan Daerah Muhammadiyah di Jalan Lamongrejo, menuju gedung DPRD Lamongan di Jalan Basuki Rahmad.

Sepanjang perjalanan, massa menggalang tanda tangan penolakan kenaikan iuran BPJS dari para pengguna jalan yang harus dibubuhkan di atas kain putih sepanjang 20 meter.

Tandatangan yang didapatkan dari masyarakat itu sebagai bukti petisi penolakan kenaikan iuran BPJS.

'Potong-potong roti, BPJS bangkrut lagi. Rakyat dibohongi, mahasiswa turun lagi,' teriak mereka sepanjang jalan. 

Koordinator lapangan aksi, Eko Prasetyo, dalam orasinya mengatakan, kesehatan merupakan hak asasi manusia dan salah satu unsur kesejahteraan yang harus diwujudkan oleh negara. Namun, dia menilai, kenaikan iuran BPJS membuat rakyat melarat.

Mereka menuntut agar pemerintah menurunkan iuran BPJS. Saat ini rumah sakit diberi beban dengan begitu banyaknya nilai klaim yang belum dibayar BPJS.

'Nek loro moro nok dukun bae (kalau sakit, pergi ke dukun saja). BPJS naik, rakyat menjerit," seloroh mahasiswa lainnya.

Disebutkan, BPJS wajib bertanggungjawab dalam peningkatan layanan kesehatan masyarakat, termasuk pemerintah juga berkewajiban menanggung utang BPJS.

Halaman
123
Penulis: Hanif Manshuri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved