Nasional

Inilah Keuntungan Perpanjang SIM Via Online, Simak Tata Cara Pengajuannya

Tinggal via website saja (sim.korlantas.polri.go.id), dibuka lalu daftarkan. Baca dulu informasinya, baru isi data pemohon yang sesuai keterangan

Inilah Keuntungan Perpanjang SIM Via Online, Simak Tata Cara Pengajuannya
Warta kota/henry lopulalan
Model menunjukan SIM Pintar Multifungsi (SMART SIM) di arena Peringatan Hari Lalu Lintas Bhayangkara, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (22/9/2019). Kepolisian RI menerbitkan SMART SIM yang memadukan fungsi forensik kepolisian, pelanggaran lalu lintas dan uang elektronik, setelah mendapatkan persetujuan Bank Indonesia. Inovasi Korlantas Polri ini diharapkan semakin memudahkan pemegang SIM dalam melakukan pembayaran tilang serta meningkatkan penetrasi uang elektronik di masyarakat. 

SURYAMALANG.COM - Selain cara manual, melakukan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) juga bisa dilakukan secara online.

Apalagi saat ini sudah tak lagi menggunakan SIM model lawas, melainkan berganti menjadi Smart SIM.

Bagi pemohon yang akan melakukan perpanjangan SIM secara online, baik untuk sepeda motor maupun mobil, caranya cukup mudah.

Bahkan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan cara konvensional atau langsung datang ke kantor Satpas SIM.

"Tinggal via website saja (sim.korlantas.polri.go.id), dibuka lalu daftarkan. Baca dulu informasinya, baru isi data pemohon yang sesuai keterangan tinggal pilih tanggal kedatangan. Tidak usaha antre dari pagi jadinya," ucap Kepala Seksi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya Komisaris Polisi Fahri Siregar, kepada Kompas.com, Selasa (15/10/2019).

Tidak hanya itu, pemohon yang melakukan registrasi SIM secara online juga diklaim mendapatkan prioritas dalam penerbitan SIM.

Selain itu juga lebih fleksibel, karena pemohon bisa datang menentukan tanggal sendiri sesuai dengan jam lowongnya.

Untuk lebih detailnya, berikut tata cara pengajuan perpanjangan SIM secara online :

- Akses web registrasi SIM Online

- Klik Pendaftaran SIM Online

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved