Malang Raya

Makin Banyak Perguruan Tinggi Bangun Kampus di Wilayah Kabupaten Malang, UB Cari Lahan 250 Hektare

Menurut Bupati Malang, Universitas Brawijaya (UB) juga sedang intens mencari lahan seluas 250 hektare di wilayah Kabupaten Malang

Makin Banyak Perguruan Tinggi Bangun Kampus di Wilayah Kabupaten Malang, UB Cari Lahan 250 Hektare
sylvianita widyawati
Monumental gate di Kampus 2 ITN Malang di Desa Tunjungtirto, Kecamatan Singosari Kabupaten Malang. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Semakin banyak perguruan tinggi di Kota Malang yang mengembangkan kampusnya ke wilayah Kabupaten Malang.

Perintisnya adalah Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang berdiri sejak 1964 dan mulai membangun kampus 3 di Jalan Raya Tlogomas wilayah Kecamatan Dau sekaligus Kecamatan Karangploso pada 1990-an.

Pada era 1990-an itu pula, Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang juga mulai membangun kampus 2 di Desa Tunjungtirto Kecamatan Singosari.

"Kami akan maksimalkan lokasi kampus 2 karena luasnya 65 hektare sehingga belum menambah lagi," jelas Dr Ir Kustamar MT, Rektor ITN Malang, kepada Suryamalang.com, Minggu (20/10/2019).

Kampus ITN 1 ada di Jl Bendungan Sigura-gura. Di kampus 2 ada Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan dilengkapi fasilitas perbankan.

https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom
https://facebook.com/suryamalang.tribun | SURYAMALANG.COM | IG: @suryamalangcom (.)

Setelah UMM dan ITN Malang, Universitas Islam Malang (Unisma) juga akan membangun kampus 2 seluas 78 hektare di Kecamatan Karangploso.

"Saya senang jika pengembangan kampus-kampus ke Kabupaten Malang," kata Sanusi, Bupati Malang beberapa waktu lalu.

Menurut dia, Universitas Brawijaya (UB) juga sedang intens mencari lahan seluas 250 hektare di wilayah Kabupaten Malang tapi belum diketahui lokasi tepatnya. Sedangkan Pemkab Malang memang berencana memberi hibah lahan 20 hektare dari tanah kas desa.

"Tapi akan diberikan setelah mendapat persetujuan dari DPRD Kabupaten Malang," jawab Sanusi.

Selama ini, UB Malang juga membangun gedung Fakultas Kedokteran Hewan, rusunawa, RS Hewan, dll di wilayah Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.  

Halaman
12
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved