Tips Kesehatan

Kamu Galau Banget? Bertahanlah sampai 3 Bulan, Kelak Kamu akan Menertawakan Kekonyolanmu

PSIKOLOG UNMER #MALANG - Kalau galau berat, nikmati saja prosesnya selama 3 bulan. Kelak, kamu pasti akan menertawakan kekonyolanmu.

Kamu Galau Banget? Bertahanlah sampai 3 Bulan, Kelak Kamu akan Menertawakan Kekonyolanmu
pixabay/geralt
ILUSTRASI 

PSIKOLOG UNMER MALANG - Sudah tunggu dulu 3 bulan, karena dari 3 bulan kamu akan melewati proses yang akan kamu nikmati nantinya dan kamu akan tertawa sendiri kenapa kamu sampai nangis-nangis, pasti kamu akan menertawakan kekonyolanmu.

SURYAMALANG.COM, SUKUN - Memasuki fase baru dalam kehidupan memang kadang menimbulkan perasaan yang asing, galau, sedih dan sejenisnya. Namun, pada kenyataannya hanya butuh waktu 3 bulan untuk terbiasa dengan itu semua.

Menurut dosen Psikologi Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Al Thuba SPsi MPsi, rasa tidak bahagia, sedih, atau bahkan rasa tidak nyaman, dipengaruhi oleh hormon yang bekerja dengan perasaan.

“Perilaku manusia, ekspresi manusia, mood dan lain-lain itu dipengaruhi hormon dan hormon yang bekerja dengan perasaan itu rata-rata 3 bulan. Jadi, ketika kita sedih maka salah satu hormonnya akan turun, yang satu naik. Ini akan menetap seperti ini selama 3 bulan, akhirnya kita merasa sedihnya sampai 3 bulanan untuk bisa kembali stabil lagi baru 3 bulan,” terang Al.

Al Thuba juga menjelaskan bahwa hal itu bisa terjadi pada kehamilan, setelah melahirkan hasil tes kehamilan di test pack akan tetap menunjukkan hasil positif karena dipengaruhi oleh hormon.

Psikolog Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Al Thuba SPsi MPsi.
Psikolog Universitas Merdeka (Unmer) Malang, Al Thuba SPsi MPsi. (Bella Ayu Kurnia Putri)

“Kalau orang hamil, test pack kan itu positif, itu karena ada hormon tertentu yang membuat darah meninggalkan jejak positif di test pack, setelah melahirkan itu tetap positif karena hormomnya masih bekerja, kerjanya hormon itu lambat sekali jadi begitu melahirkan belum tentu hormonnya stabil, 3 bulan pertama kalau di test packnya itu masih positif,” ujarnya.

Al Thuba menyarankan bahwa setiap orang setidaknya menunggu sampai 3 bulan untuk dapat melewati proses tersebut.

“Sudah tunggu dulu 3 bulan, karena dari 3 bulan kamu akan melewati proses yang akan kamu nikmati nantinya dan kamu akan tertawa sendiri kenapa kamu sampai nangis-nangis, pasti kamu akan menertawakan kekonyolanmu,” tuturnya. 

Penulis: Bella Ayu Kurnia Putri
Editor: yuli
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved