Breaking News:

Malang Raya

DPRD Kota Malang Tagih Janji Matahari Dept Store untuk Revitalisasi Pasar Besar

Matahari Dept Store pernah menyatakan bersedia merevitalisasi Pasar Besar Malang dengan catatan hanya renovasi atau bukan membangun ulang.

Penulis: Aminatus Sofya | Editor: yuli
web
Pasar Besar, Kota Malang. Matahari Dept Store tak lagi buka lapak di sini, meski masih terikat perjanjian sampai 2034. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang menagih janji Matahari Dept Store untuk merenovasi Pasar Besar. Renovasi Pasar Besar memang dituntut segera pasca kebakaran hebat yang terjadi 2016 lalu.

Ketua DPRD Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika mengatakan Pemkot Malang masih menunggu hasil audit yang dilakukan Matahari. Audit itu nantinya menentukan apakah Pasar Besar akan dibangun ulang atau hanya renovasi.

Sebelumnya, Matahari bersedia merevitalisasi Pasar Besar dengan catatan hanya renovasi atau bukan membangun ulang.

“Sekda masih menunggu hasil audit Matahari kondisi gedung itu berapa persen. Kalau rombak total nggak sanggup,” ujar Made, Minggu (17/11/2019).

Ketika ditanya sampai kapan waktu untuk menunggu hasil audit, Made belum bisa memastikan. Ia hanya memberi penekanan kepada Pemkot Malang agar melaporkan aset yang dipihak ketigakan.

“Supaya kejadian Ramayana tidak terulang,” katanya.

Sekretaris Komisi B Arief Wahyudi mendesak Matahari segera menyelesaikan audit Pasar Besar. Sebab kata dia, pedagang telah mengeluh Pasar Besar kumuh dan harus segera direnovasi.

“Pedagang mengeluh Pasar Besar ini kumuh dan ini harus segera ditindak lanjuti,” ucap Arief.

Jika Matahari tak segera menyelesaikan audit, Arief meminta Pemkot Malang memakai hasil forensik yang dilakukan tim dari Universitas Brawijaya (UB). Hasil forensik dari UB menyebut Pasar Besar harus dibangun ulang karena bangunan di dalamnya dinilai tak layak.

“Kalau Matahari terlalu lama pakai hasil audit dari UB dan Pemkot, dibangun ulang. Kami anggarkan Rp 4 Miliar di APBD 2020 untuk relokasi,” ujarnya.

Untuk diketahui, kerja sama pemanfaatan gedung Pasar Besar antara Pemkot dan Matahari berakhir hingga 2034.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved