Nasional

Mahfud MD Sebut Jokowi Masih Ada Peluang Terbitkan Perppu KPK, Beda Ucapan dengan Fadjroel Rachman

Mahfud MD Sebut Jokowi Masih Ada Peluang Terbitkan Perppu KPK, Beda Ucapan dengan Fadjroel Rachman

Mahfud MD Sebut Jokowi Masih Ada Peluang Terbitkan Perppu KPK, Beda Ucapan dengan Fadjroel Rachman
TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra Sakti
Mahfud MD 

SURYAMALANG.COM, JAKARTA - Mahfud MD menyebut masih ada kemungkinan Presiden Jokowi mengeluarkan peraturan pemerintah pengganti undang-undang (Perppu) yang membatalkan UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang KPK.

Menurut Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan itu, Jokowi saat ini belum memutuskan keluar tidaknya Perppu atas UU KPK hasil revisi tersebut.

"Ya itu pernyataan presiden bahwa belum memutuskan untuk menerbitkan atau tidak menerbitkan Perppu," kata Mahfud di Gedung Merah Putih KPK, Senin (2/12/2019).

Mahfud menuturkan, Presiden Jokowi belum mengeluarkan Perppu KPK karena judicial review atas UU KPK masih berproses di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Presiden juga tidak ingin nanti, Mahkamah Konstitusi sebenarnya memutus hal yang sama, sehingga untuk apa lagi Perppu, kan begitu," ujar Mahfud.

Pernyataan Mahfud tersebut berbeda dengan pernyataan Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman yang menyebut Jokowi tidak akan menerbitkan Perppu KPK.

Mahfud MD pun mengaku tidak tahu adanya pernyataan tersebut.

"Ya enggak tahu ya. Siapa ya (yang menyatakan?) Presiden?" kata dia.

Dikutip dari Tribunnews.com, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman mengatakan saat ini Undang-Undang KPK hasil revisi sudah resmi berlaku sejak 17 Oktober lalu.

"Tidak ada dong. Kan Perppu sudah tidak diperlukan lagi. Sudah ada undang-undang, yaitu UU Nomor 19 Tahun 2019. Tidak diperlukan lagi Perppu," kata Fadjroel Rachman di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (29/11/2019).

Halaman
12
Editor: eko darmoko
Sumber: Metro Banjar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved