Malang Raya

Pemkab Malang dan Pemkab Pandeglang Teken Kerjasama, Ini Tujuannya

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara kedua belah pihak, bertempat di Kantor Bupati Pandeglang, Banten,

Penulis: Mohammad Erwin | Editor: eko darmoko
Pemkab Malang
Pemkab Malang kerjasama dengan Pemkab Pandeglang. Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara kedua belah pihak, bertempat di Kantor Bupati Pandeglang, Banten, Kamis (26/12/2019). 

SURYAMALANG.COM, KEPANJEN - Pemerintah Kabupaten Malang jajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Pandeglang.

Kerjasama tersebut ditandai dengan penandatangan kesepakatan antara kedua belah pihak, bertempat di Kantor Bupati Pandeglang, Banten, Kamis (23/12/2019).

Perwakilan Pemkab Malang diwakili oleh Bagian Administrasi Kerjasama beserta jajaran. Mereka bertemu dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita.

Saat dikonfirmasi, Bupati Malang, Muhammad Sanusi menerangkan, kerjasama tersebut bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Selain itu juga membahas pelayanan publik dengan pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik, sinergi dan saling menguntungkan. Pemerintah Kabupaten Malang dan Pandeglang saling mengisi. Pun di bidang lain seperti pertanian juga," beber Sanusi saat dikonfirmasi di Kantor Bupati Malang, Kepanjen.

Sanusi berharap ada keterpaduan pembangunan antar daerah, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Terkait sisi pembiayaan, Sanusi menjelaskan segala biaya yang timbul atau dimungkinkan timbul akibat dari pelaksanaan kerjasama tersebut, dibebankan pada APBD kedua belah pihak.

"Tujuan kesepakatan bersama ini untuk menjalin kerja sama, komunikasi, dan kemitraan strategis saat pelaksanaan pembangunan daerah. Kesepakatan bersama ini berlaku untuk jangka waktu 12 bulan," ucap Sanusi.

Sementara itu, hubungan antara Pemkab Malang dan Pemkab Pandeglang bukanlah hal yang baru.

Pada 1 Agustus  2019 lalu, Bupati Pandeglang Irna Narulita bersama jajaran pernah sambangi Kantor Bupati Malang, di Jalan Agus Salim, Kota Malang.

Saat itu, Bupati Malang, Sanusi, menjelaskan, di Kabupaten Malang ada beberapa kawasan komoditas tanaman pertanian unggulan.

Seperti komoditas padi, jagung, kedelai, cabai, bawang merah, bawang putih, tebu dan kopi.

Pemkab Malang pernah menyarankan Pemkab Pandeglang bisa menerapkan pertanian organik. Seperti halnya di Edukasi Pertanian Organik Bengkel Mimpi di Desa Kanigoro Kecamatan Pagelaran.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved