Breaking News:

Kabar Pasuruan

Antisipasi Bencana Alam, Polres Pasuruan Dirikan Posko Tanggap Darurat

Polres Pasuruan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasuruan, relawan, dan pihak terkait mendirikan posko atau tenda tanggap bencana

Suryamalang.com/galih lintartika
Polres Pasuruan bersama BPBD Kabupaten Pasuruan, relawan, dan pihak terkait mendirikan posko atau tenda tanggap darurat. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN – Polres Pasuruan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan, relawan, dan pihak terkait mendirikan posko atau tenda tanggap darurat.

Untuk kali ini, posko atau tenda tanggap bencana didirikan di kawasan yang rawan banjir.

Jadi, sejumlah titik banjir sudah didirikan tenda atau posko. Pendirian posko atau tenda ini didukung penuh oleh pemerintah desa setempat.

Sejumlah tenda atau pos yang sudah didirikan di kawasan rawan banjir yakni di Desa Kalirejo, Kecamatan Bangil dan Desa Kedungboto, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan.

Kapolres Pasuruan AKBP Rofiq Ripto Himawan mengatakan, untuk tahap awal ini, pihaknya hanya membangun pos atau tenda di kawasan rawan banjir.

Akan tetapi, ke depan, pihaknya juga akan terus membangun pos atau tenda di kawasan yang rawan bencana alam lainnya seperti longsor, dan sejenisnya.

“Nanti akan kami bangun pos tambahan lainnya. Di kawasan rawan bencana lainnya seperti longsor dan potensi bencana alam lainnya. Ini langkah awal untuk mengantisipasi bila terjadi bencana. Lebih baik sedia payung sebelum hujan, daripada sedia payung setelah hujan,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya bersama instansi terkait, sudah menyiapkan personil dan sarana prasarana sebagai bentuk persiapan tanggap bencana bila sewaktu waktu dibutuhkan.

Tak hanya itu, kata Kapolres, pihaknya juga melaksanakan patroli , cek debit air sungai, lereng atau tebing yang dilakukan oleh jajaran dan sasaran wilayah yang rawan bencana banjir maupun tanah longsor.

“Sampai saat situasi aman, dan terkendali. kejadian bencana alam banjir maupun tanah longsor di wilayah hukum polres Pasuruan masih nihil. Akan tetapi, bikla sewaktu terjadi, kami sudah siap menanganinya, sebab ada anggota yang stand by untuk menjaganya,” pungkas dia. 

Penulis: Galih Lintartika
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved