DPRD Kota Batu Desak Agar Pasar Sayur Bisa Menjadi Tujuan Wisata

Wakil Ketua 2 DPRD Kota Batu Heli Suyanto berharap revitalisasi pasar sayur dapat mengembalikan kejayaan Kota Batu sebagai sentral pasar sayur.

DPRD Kota Batu Desak Agar Pasar Sayur Bisa Menjadi Tujuan Wisata
SURYAMALANG.COM/Benni Indo
Pasar Sayur Kota Batu yang baru saja selesai dibangun pada awal 2020 

SURYAMALANG.COM, BATU - Wakil Ketua 2 DPRD Kota Batu Heli Suyanto berharap revitalisasi pasar sayur dapat mengembalikan kejayaan Kota Batu sebagai sentral pasar sayur.

Dikatakan Heli, di era tahun 90-an, pasar sayur di Kota Batu merupakan pasar sentral.

“Ya, harapan kami dikembalikan kejayaan Pasar Batu. Di era 90-an pernah menjadi sentral pasar sayur, tapi kali ini tidak. Mungkin tempatnya kurang memadai akhirnya banyak pedagang yang hengkang,” kata Heli, Sabtu (15/2/2020).

Kini, renovasi pasar sayur telah selesai dilakukan. Pemkot Batu berencana akan meresmikan Pasar Sayur yang baru saja dibangun itu pada Senin (17/2/2020) mendatang. 

Heli mengatakan, DPRD Kota Batu mendorong agar pasar tidak sekadar menjadi tempat transaksi jual beli semata, namun juga sebagai tempat tujuan wisata.

Menurut Heli, pasar sayur yang baru saja dibangun masih belum ideal untuk dijadikan pasar wisata.

Untuk menjadi pasar wisata, harus ada fasilitas umum yang mendukung, termasuk juga tanggungjawab kebersihannya. 

Heli mengatakan, DPRD Kota Batu akan mengajukan usul pasar wisata tersebut pada rencana pembangunan pasar selanjutnya. Yakni rencana perbaikan pasar bagian tengah.

“Harapannya itu begini, pasar sayur tidak hanya untuk transaksi pedagang sayur, tapi juga untuk wisata. Kalau pasar sayur yang baru dibangun ini sebenarnya kurang ideal. Perlu ada beberapa pembenahan terutama fasiltias umum, toilet, kebersihan, dan tentunya rekomendasi hasil inspeksi dewan yang belum direalisasikan oleh pengembang,” terangnya.

Peluang menjadikan pasar sebagai tujuan wisata sangat mungkin diwujudkan. Kata Heli, Pasar Kota Batu merupakan pasar terbesar di Malang Raya dengan luas kurang lebih 4 Ha. Oleh sebab itu, bisa dikonsep untuk menjadi salah satu tujuan wisata.

Halaman
12
Penulis: Benni Indo
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved