Berita Malang Hari Ini

Guru Wajib Ikut Asesmen Kompetensi Minimal, Saat Siswa SMA Jalani Gladi Resik UNBK & AKM

"AKM tak hanya untuk siswa, tapi guru. Untuk guru jadwalnya pada Rabu (26/2/2020) selama dua jam," jelas Nurul Firdhaus, Waka Kurikulum SMAN 2 Malang

SURYAMALANG.COM/Sylvianita Widyawati
Gladi bersih UNBK untuk siswa kelas 12 di SMAN 2 untuk Mapel Bahasa Inggris, Senin (24/2/2020). Hari kedua gladi bersih, Selasa (25/2/2020) juga ditambah ujicoba AKM (Asesmen Kompetensi Mininal) yang disebut sebagai pengganti unas pada 2021. Ujicoba selain diikuti siswa juga guru. Ujicoba dilaksanakan Puspendik Kemendikbud. 

SURYAMALANG.COM, KLOJEN - Siswa kelas 12 SMA di Malang menjalani gladi resik UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) juga ujicoba AKM (Asesmen Kompetensi Minimal) mulai Senin (24/2/2020) .

AKM disebut-sebut sebagai pengganti ujian nasional pada 2021.

Gladi resik UNBK mulai Senin (24/2/2020) untuk Bahasa Inggris, beriktnya di hari Selasa (25/2/2020) untuk mata ujian pilihan dan diteruskan dengan ujicoba AKM selama 30 menit.

Demam TikTok Bikin Wajah Inul Daratista Bonyok, Hidung Keluar Darah Sambil Meratap : Kau Suami Kejam

Sebuah Arca Ditemukan Tidak Jauh dari Situs Pendem di Kota Batu

3 Pemain Didaulat Sebagai Kapten Arema FC di Liga 1 2020, Akar dan Jiwa Ongis Nade Jadi Faktor Utama

"AKM tak hanya untuk siswa, tapi guru. Untuk guru jadwalnya pada Rabu (26/2/2020) selama dua jam," jelas Nurul Firdhaus, Waka Kurikulum SMAN 2 Kota Malang, Senin (24/2/2020).

Ia menyatakan, seluruh guru SMAN 2 wajib ikut ujicoba AKM agar bisa mengetahui bagaimana AKM itu.

Ia mewajibkan seluruh guru ikut, tidak hanya guru Mapel Unas. "Nanti untuk guru disiapkan dua sesi karena kan ada yang masih mengajar," jelas Nurul.

Pria yang juga menjabat sebagai Koordinator Helpdesk Kota Malang ini juga menyarankan pada guru semua SMA di Kota Malang untuk ikut ujicoba AKM.

"Karena masih ujicoba, maka dilaksanakan oleh siswa kelas 12 sekalian ikut gladi bersih UNBK," kata dia.

Namun mendatang akan dilaksanakan untuk siswa kelas berapa, masih menunggu juknisnya tahun depan.

Informasi awalnya, AKM akan dilaksanakan untuk siswa kelas 4 SD, kelas 8 SMP dan 11 SMA/SMK pada 2021.

Dalam AKM juga ada survei karakter. Namun dikatakan mungkin yang akan sulit adalah memberikan penilaian untuk karakter religius. Karena sulit mengukurnya.

Sementara itu siswa SMK dan gurunya sudah menjalani dulu ujicoba AKM pada pekan lalu.

"Untuk AKM gak ada kisi-kisinya untuk ujicoba. Jadi ya mengalir saja dijalani," kata dia.

Semua ujicoba dilaksanakan oleh Puspendik Kemendikbud.

Sementara siswa kelas 12 SMK mulai Senin (24/2/2020) menjalani Ujian Sekolah Satuan Pendidikan Berbasis Komputer (USSPBK). USSPBK sebelumnya disebut dengan USBN (Ujian Sekolah Berstandar Nasional).

USSPBK untuk jenjang SMA dilaksanakan pekan depan.

"Sekarang tidak ada USBN. Jadi dilaksanakan satuan pendidikannya," jelas Ade Erlangga Masdiana, Plt Kabiro Kerjasama dan Humas Kemendikbud saat di Malang, Minggu malam (23/2/2020).

Ini bagian dari program Merdeka Belajar yang digagas Mendikbud Nadiem Karim. Sehingga soalnya dari MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran). Pada 2019 masih ada sebagian dari Kemendikbud.

Dikatakan, AKM dilaksanakan untuk kelas 4 SD, 8 SMP dan 11 SMA karena ada harapan terjadi perbaikan. Dimana untuk karakter diharapkan berbasis Pancasila.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved