Breaking News:

Imbas Corona Penjualan Sepeda Motor Baru dan Bekas Alami Penurunan Drastis

Dampak Virus Corona juga berimbas di sektor industri motor yang mengalami penurunan drastis akibbat pandemi corona yang melanda indonesia

Artikel dari Kompas
Industri Sepeda Motor 

SURYAMALANG.COM, Malang Virus Corona membawa dampak di semua sektor lini usaha masyarakat, termasuk Industri Sepeda Motor.

Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia ( AISI) membenarkan bahwa pandemik virus corona alias Covid-19, berdampak signifikan terhadap pertumbuhan kendaraan roda dua nasional tahun ini.

Berdasarkan perhitungan sementara dari angota, penurunan yang terjadi berkisar di antara 25 persen sampai 30 persen.

Perhitungan ini dapat berubah sesuai dengan kondisi pasar, sebagaimana dikatakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) AISI Hari Budianto.

"Menurut perhitungan pengurus saat ini, diproyeksikan bahwa sampai akhir tahun kira-kira pasar domestik akan terkoreksi 25-30 persen dibanding tahun sebelumnya," kata dia Artikel Kompas.com; "AISI: Penjualan Sepeda Motor Anjlok 30 Persen Tahun Ini", https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/05/103412415/aisi-penjualan-sepeda-motor-anjlok-30-persen-tahun-ini.

Hari juga menyatakan, saat ini pasar sepeda motor mulai mengalami gejolak seiring dengan menurunnya daya beli masyarakat pada kebutuhan sekunder dan tersier.
"Penjualan Januari-Februari 2020 itu ada sedikit penurunan karena faktor awal tahun, yakni sekitar 8 persen. Kemudian, pada Maret 2020 gejolaknya semakin terasa sejak pernyataan virus corona pertama kali dimunculkan oleh pemerintah," ucapnya.

Meski belum bisa mengatakan angka detail performa hingga triwulan pertama 2020,

Hari masih optimis bahwa asosiasi bisa memberi kontribusi positif terhadap negeri.

"Cukup sulit sebenarnya untuk berbicara pasti tentang pasar, tapi kami harap pandemi cepat berlalu. Kami pun bersedia untuk support bila diminta pemerintah, sesuai kapasitas kami," ujar dia.

Untuk diketahui, pada awal tahun lalu AISI yang terdiri dari Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki, dan TVS, menargetkan penjualan 2020 sama dengan pencapaian tahun sebelumnya, yaitu 6,4 juta unit. Sementara untuk performa ekspor, tahun ini asosiasi menargetkan mampu mencapai 1 juta unit atau naik sekitar 200.000 unit dibanding pencapaian tahun lalu.

Halaman
12
Penulis: Farid Farid
Editor: Adrianus Adhi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved