Breaking News:

Virus Corona di Malang

Program Bunga Sosial FH UWG Malang, Pesan Makanan di Aplikasi Lalu Diberikan kepada Driver Ojol

Fakultas Hukum Universitas Widyagama (UWG) Malang memberi perhatian pada driver ojek online (ojol) di Malang Raya lewat Bunga Sosial FH UWG

Kompas.com
ilustrasi driver ojol 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Fakultas Hukum Universitas Widyagama (UWG) Malang memberi perhatian pada driver ojek online (ojol) di Malang Raya lewat Bunga Sosial FH UWG. Caranya pemesanan makanan lewat ojol selanjutnya akan diberikan pada ojol itu sebagai sodaqoh.

"Dananya dari donasi," jelas Dr Purnawan D Negara, Dekan Fakultas Hukum UWG pada suryamalang.com, Selasa (14/4/2020).

Donasinya Rp 25.000 atau kelipatannya, dikatakan membantu di masa sulit saat ini agar ojol terus bekerja dengan menerima order. Selain itu, dari orderan yang dilakukan, maka bisa menghidupkan warung-warung yang berjualan makanan.

"Ada lebih kurang 3.000 driver ojol di Malang Raya. Tapi program ini tidak bisa menjangkau semuanya. Namun FH UWG berharap program ini bisa menginspirasi setiap orang," paparnya.

Purnawan berharap dampaknya menjadi gulungan bola salju yang menggelinding menjadi besar karena setiap orang yang mampu mau mengikuti untuk berbagi.

"Harapannya terdapat multiplier effect terhadap pergerakan ekonomi kelas menengah ke bawah," kata Pupung, panggilan akrabnya. Dimana warung-warung menengah itu laku, ojolnya juga mendapat order.

"Ini sekaligus menjadi penghubung sodaqoh kita yang berharap ridho Allah. Ini merupakan manifestasi ekonomi gotong royong," tambahnya.

Dari chat-chat di aplikasi ojol, terlihat para driver nampak tidak percaya ketika di percakapan itu disebutkan pemesanan makanan itu untuk driver. "Ya Allah...beneran Mbak?" ungkap driver ojol di chat itu.

Sebagai bukti telah menerima makanan itu, ojol mengirimkan foto dan menuliskan terima kasih pada FH UWG di kertas.

Dikatakan, untuk waktu pelaksanaan bisa sampai kondisi normal dari dampak Covid-19 ini.

"Jika nanti saat Ramadan masih seperti ini, maka pemesanan makanan yang diberikan ke driver ojol untuk buka puasa," pungkasnya.

Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved