Breaking News:

Tips

Dokter Tim Arema, Nanang Tri Wahyudi Ungkap Daftar Makanan & Minuman yang Patut Dihindari Saat Puasa

Dokter tim Arema FC, Dr Nanang Tri Wahyudi Sp. KO mengungkap daftar makanan dan minuman yang patut dihindari saat puasa, termasuk puasa Ramadan.

SURYAMALANG.COM/Alfi Syahri Ramadan
Dokter tim Arema FC, Nanang Tri Wahyudi. 

SURYAMALANG.COM - Dokter tim Arema FC, Dr Nanang Tri Wahyudi Sp. KO mengungkap daftar makanan dan minuman yang patut dihindari saat puasa, termasuk puasa Ramadan.

Makan sahur sangat penting dalam berpuasa. Sahur seperti tempat pengisian bahan bakar terakhir sebelum menjalani puasa selama 14 jam.

Nanang mengatakan sahur yang baik akan menentukan kualitas puasa.

Ada yang menyamakan urgensi makan sahur dengan makan siang atau sarapan yang digabung menjadi satu.

Dr Nanang menyarankan agar umat Islam sebisa mungkin makan sahur selama puasa.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin sahur yang maksimal.

Di antaranya adalah memperhatikan asupan gizi dan nutrisi yang masuk.

"Sumber energinya dari karbohidrat, khususnya yang indeks glikemiknya rendah-sedang, sehingga kadar gula darah lebih stabil selama berpuasa, seperti kurma atau pisang," kata Nanang kepada Kompas.com.

"Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti nasi dan mie, disarankan tidak terlalu banyak."

"Sumber bahan baku untuk regenerasi sel dari protein (lauk pauk), sumber serat, vitamin dari buah dan sayuran serta air putih cukup," imbuhnya.

Dr Nanang juga menyarankan untuk menghindari porsi berlebih, dan mengindari mengonsumsi porsi makanan yang berisiko menaikkan kadar gula darah terlalu tinggi.

"Hindari menu makanan yang mengandung terlalu banyak lemak, santan, gorengan, gula dan garam karena akan menyebabkan sirkulasi darah tidak lancar sehingga tubuh mudah lemas saat berpuasa."

"Hindari juga minuman yang mempunyai efek diuretik atau memicu produksi urin seperti kopi, teh, dan soda, karena akan memicu pengeluaran cairan melalui ginjal,” terang dokter yang mengenyam pendidiklan di Universitat de Barcelona tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Dokter Tim Arema FC Berbagi Rahasia Sahur Berkualitas, https://bola.kompas.com/read/2020/04/25/09000008/dokter-tim-arema-fc-berbagi-rahasia-sahur-berkualitas

Editor: Zainuddin
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved