Virus Corona di Pasuruan

Pos Check Point Tanpa Penghuni Disorot, Pansus Covid-19 Nilai Perlu Ada Perbaikan

Rudi Hartono sangat berharap, check point yang ada di Kabupaten Pasuruan ini bisa seperti dengan check point yang ada di Surabaya atau daerah lainnya.

SURYAMALANG.COM/Galih Lintartika
Posko check point di exit Tol Pandaan tidak berpenghuni. Padahal, dari keterangan Dishub Kabupaten Pasuruan posko ini selalu ada yang jaga, karena sudah pembagian tiga shift jadwal petugas yang berjaga, pagi - siang - malam. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Penerapan kebijakan check point di sejumlah titik masuk Kabupaten Pasuruan mendapatkan sorotan serius dari jajaran Pansus COVID-19.

Hal itu terungkap dalam rapat koordinasi antara Pansus dan Satgas COVID-19.

Wakil Ketua Pansus COVID-19 Syaifullah Damanhuri menjelaskan, penerapan check point ini kurang maksimal.

Beberapa waktu lalu, ia sempat berkendara dari Pasuruan timur sampai Pasuruan barat. Ia menggunakan kendaraan roda empat.

"Tidak ada penyemprotan. Tidak ada pengecekan dan tidak ada aktivitas apapun yang menandakan adanya pemeriksaan sebagai upaya menekan penyebaran COVID-19. Saya tidak diapa - apakan," kata dia usai mengikuti rapat koordinasi.

Gus Syaiful, sapaan akrabnya, menjelaskan, kondisi ini sangat kontradiktif dengan penerapan di Kota sebelah, atau Kota Pasuruan.

Kata dia, titik masuk Kota Pasuruan, dijaga ketat. Ada petugas yang berjaga di sana untuk memeriksa pengemudi kendaraan dan ada juga yang melakukan penyemprotan.

"Kenapa di Kabupaten Pasuruan tidak ada. Padahal, dalam refocusing anggaran untuk penanganan COVID-19 kemarin dianggarkan. Harusnya, ini bisa diperketat dan diterapkan secara maksimal. Kalau poskonya memang ada. Tapi petugas yang memeriksa tidak ada," tambah dia.

Hal yang sama juga disampaikan Rudi Hartono, anggota Pansus COVID-19 lainnya.

Ia menyebut, semisal memang ada protokol kesehatan yang harus diterapkan sebagai langkah pencegahan, silahkan dilakukan. Jangan setengah - setengah.

Halaman
123
Penulis: Galih Lintartika
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved