Breaking News:

PPDB SMA/SMK Negeri Jatim Dibuka 8 Juni 2020, Tersedia 5 Jalur Pendaftara Secara Online

PPDB bagi SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur seluruhnya akan dilakukan dengan cara daring atau online.

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wahid Wahyudi mengatakan bahwa pendaftaran PPDB untuk SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur akan dibuka pada tanggal 8 Juni 2020.

Wahid menegaskan bahwa PPDB bagi SMA dan SMK Negeri di Jawa Timur seluruhnya akan dilakukan dengan cara daring atau online.

Hal ini dilakukan agar masyarakat yang mendaftar PPDB dalam kondisi aman dan terhindar dari potensi penyebaran covid-19 yang bisa terjadi jika ada dalam kerumunan.

“Semua akan dilaksanakan secara online. Ada lima jalur yang bisa dimasuki siswa dalam PPDB kali ini. Dan semuanya dalam jaringan,” kata Wahid saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Rabu (27/5/2020).

Lima jalur PPDB yang dimaksud yang pertama adalah jalur afirmasi, merupakan jalur khusus bagi warga yang tidak mampu.

Mereka diberikan jalur khusus dan juga kuota di masing-masing sekolah untuk bisa menerima siswa dari jalur afirmasi.

Khusus bagi mereka yang melamar jalur afirmasi ini, dikatakan Wahid semula memang akan dilakukan secara offline karena dibutuhkan sistem verifikasi.

Namun karena kondisi sedang pandemi maka pendaftaran juga harus dilaksanakan secara online.

Misalnya pelamar apakah memiki KIP atau memiliki KIS. Tim verifikator akan melakukan pengecekan dan memberikan sanksi pada mereka yang sengaja memalsukan dokumen.

Kemudian yang kedua adalah jalur kepindahan orang tua.

Siswa yang orang tuanya pindah ke Jatim akan mendapatkan jalur khusus dengan kuota tertentu sehingga mereka tetap diberikan kesempatan untuk bisa mendapatkan tempat pendidikan di sekolah negeri.

Dan untuk jalur yang ketiga adalah jalur lomba akademik dan non akademik. Berkas yang dibutuhkan akan dipersilahkan untuk diupload lewat internet.

Dikatakan Wahid bahwa untuk ketiga jalur ini dibuka dalam rentang waktu yang sama sehingga siswa billlsa memanfaatkan pin yang diperoleh untuk mendaftar.

“Bagi yang diterima di salah satu dari tiga jalur ini, maka secara otomatis pin yang dibagikan akan mati dan tidak bisa digunakan untuk mendaftar lagi,” jelas Wahid.

“Namun jika belum diterima di ketiga jalur itu, maka bisa digunakan untuk mendaftar di jalur keempat yaitu jalur zonasi dan jalur kelima yaitu jalur prestasi akademik,” tegas Wahid yang juga mantan Kepala Dinas Perhubungan Jatim ini.

Untuk jalur zonasi ditegaskan Wahid bahwa sistemnya berbeda dengan sistem zonasi tahun yang lalu, dimana satu kabupaten kota bisa dipecah jadi banyak zona. Melainkan menjadi satu, sehingga zonasi wilayahnya adalah satu kabupaten kota.

Sedangkan untuk jalur prestasi akademik, ditegaskan Wahid bahwa jalur ini diambilkan dari prestasi siswa yang dilihat dari rapor semester satu hingga semester lima.

Karena itu ia mengimbau seluruh warga Jatim yang memilik kepentingan terkait PPDB diminta untuk terus melakukan update di website resmi Dinas Pendidikan Jatim maupun website PPDB.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved