Virus Corona di Jatim

Kasus Positif Covid-19 Baru di Jatim 243 Orang, Pasien Sembuh Tembus 2.117, Ingatkan Donor Plasma

Penambahan kasus baru hari ini sebanyak 243 kasus terkonfirmasi positif covid-19, sedangkan jumlah pasien sembuh sebanyak 252 orang

Penulis: Fatimatuz Zahro | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Fatimatus Zahroh
Update Kasus Covid-19 Jatim per Jumat, 12 Juni 2020 

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Update kasus positif Covid-19 di Jatim per Jumat  (12/6/2020), jumlah kasus baru masih di atas angka 200, tapi jumlah pasien yang sembuh juga di atas 200 orang.

Penambahan kasus baru hari ini sebanyak 243 kasus terkonfirmasi positif covid-19 baru.

Sehingga total kasus positif Jatim bertambah menjadi 7.213 kasus.

Sedangkan jumlah pasien positif covid-19 Jatim yang dinyatakan sembuh per Hari ini, Jumat (12/6/2020), sebanyak 252 orang di Jatim.

Sehingga total pasien covid-19 Jatim yang telah dinyatakan sembuh tembus menjadi 2.117 orang.

Atau jika dipersentase, tingkat kesembuhan atau recovery rate Jatim hari ini mencapai 29,35 persen.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan recovery rate hari ini menjadi tingkat kesembuhan tertinggi di Jatim dalam waktu dua bulan terakhir.

Karenanya, secara khusus ia menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh tenaga medis dan paramedis yang bekerja keras luar biasa.

"Terus bertambahnya pasien covid-19 kita yang sembuh ini, tak lepas dari kerja keras dari seluruh tenaga kesehatan yang telah berjuang dan memberikan dedikasi terbaiknya untuk menyembuhkan para pasien covid-19 di seluruh wilayah Jawa Timur. Dan untuk itu kami sampaikan apresiasi yang luar biasa," kata Khofifah, di Gedung Negara Grahadi, malam.

Dari tambahan jumlah pasien covid-19 yang sembuh hari ini, terbanyak disumbang dari Kota Surabaya sebanyak 190 orang pasien yang sembuh.

Kemudian pasien sembuh juga disumbang 24 orang dari Kabupaten Sidoarjo, 2 dari Kabupaten Lumajang, 3 dari Kabupaten Tuban, 4 dari Kabupaten Lamongan, 2 dari Kabupaten Madiun, 8 dari Kabupaten Probolinggo, 10 dari Kota Kediri, 1 dari Kabupaten Bangkalan, 4 dari Kabupaten Gresik, 1 dari Kota Malang, 3 dari Kabupaten Jember.

"Bertambahnya angka kesembuhan ini optimisme bagi kita semua yang meyakinkan bahwa badai covid-19 iki alan segera berlalu," tegas Khofifah.

Tak lupa mantan Menteri Sosial RI ini juga terus mengajak pada para pasien covid-19 yang sudah dinyatakan sembuh melalui dua kali swab, untuk melakukan aksi sosial donor plasma.

Donor plasma dari pasien sembuh akan bermanfaat untuk terapi plasma convalescent yang hingga kini terbukti efektif membantu penyembuhan pasien covid-19 dengan kondisi berat dan sangat berat.

Selain itu hari ini juga ada tambahan jumlah pasien covid-19 yang meninggal dunia berjumlah 15 orang. Sehingga membuat jumlah total pasien covid-19 Jatim yang meninggal dunia menjadi 588 orang.

Sementara itu, per hari ini pasien dalam pengawasan (PDP) di Jatim ada sebanyak 7.992, kemudian orang dalam pemantauan (ODP) sebanyak 26.167, dan total kasus orang tanpa gejala (OTG) sebanyak 21.835.

"Saat ink vaksin belum ditemukan. Maka vaksin terbaik hari ini adalah disiplin pada protokol kesehatan. Pakai masker, jaga jarak physical distancing, rajin mencuci tangan dengan sabun, dan juga lebih baik untuk stay at home," Pungkas Khofifah.

Sumber: Surya Malang
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved