Breaking News:

Virus Corona di Blitar

Pemkot Blitar akan Buka Tempat Wisata Secara Bertahap, Taman dan Kolam Renang Belum Boleh Beroperasi

Dinas Pariwisata Kota Blitar menyiapkan skenario pembukaan kembali tempat wisata saat new normal

samsul hadi/suryamalang.com
Kawasan wisata Makam Bung Karno masih ditutup sampai sekarang. Rencananya, tempat wisata di Kota Blitar beroperasi lagi mulai pekan ketiga Juni 2020 dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19. 

SURYAMALANG.COM | BLITAR - Dinas Pariwisata Kota Blitar menyiapkan skenario pembukaan kembali tempat wisata saat new normal atau normal baru. Sesuai rencana, pembukaan tempat wisata dilakukan secara bertahap.

Kepala Disparbud Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono, mengatakan sudah mengusulkan klasifikasi tempat wisata yang akan dibuka lebih dulu saat pemberlakuan normal baru ke Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar. Sesuai usulan, sejumlah tempat wisata yang dibuka pada tahap pertama, yaitu, tempat wisata yang pengunjungnya bisa dikendalikan.

Dia mencontohkan sejumlah tempat wisata yang pengunjungnya dapat dikendalikan, yaitu, kawasan Makam Bung Karno, Istana Gebang, Kampung Afrika, dan Fish Garden.

"Seperti kawasan MBK, pengunjungnya bisa dikendalikan. Kami mengusulkan kawasan MBK bisa dibuka kembali untuk umum pada 21 Juni 2020," kata Tri Iman saat mengecek persiapan pembukaan kembali kawasan MBK, Senin (15/6/2020).

Dikatakannya, pembukaan tempat wisata itu tetap dengan menerapkan protokol pencegahan penyebaran Covid-19 secara ketat.

Semua pengunjung, petugas, dan pedagang wajib memakai masker dan menjaga jarak. Tempat wisata juga menyediakan tempat cuci tangan.

"Jumlah pengunjung juga kami batasi. Misalnya di kawasan MBK, jumlah pengunjung di lokasi pusara kami batasi maksimal 50 orang, sedang di Istana Gebang, pengunjung yang masuk rumah kami batasi 25 orang. Pengunjung masuk secara bergiliran," ujarnya.

Untuk tempat wisata yang pengunjungnya tidak bisa dikendalikan seperti taman, kata Tri Iman, akan dibuka pada tahap berikutnya sambil menunggu situasi perkembangan Covid-19 di Kota Blitar, termasuk tempat wisata yang menyediakan wahana kolam renang juga akan dibuka pada tahap berikutnya.

"Untuk taman, seperti Kebonrojo dan Taman Pecut kami buka pada tahap berikutnya. Termasuk wisata kolam renang seperti Water Park Sumber Udel juga kami tunda dulu pembukaannya," katanya.

Penulis: Samsul Hadi
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved