Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Gandeng Swasta, Perumda Tirta Kanjuruhan Susun SPAM untuk Kembangkan Sumber Air

Perumda Tirta Kanjuruhan menyusun rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk jangka waktu 20 tahun

erwin wicaksono/suryamalang.com
Rapat pembahasan rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Perumda Tirta Kanjuruhan, Jumat (19/6/2020). 

SURYAMALANG.COM | MALANG - Perumda Tirta Kanjuruhan menyusun rencana pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) untuk jangka waktu 20 tahun. Penyediaan air bersih di Malang Selatan jadi fokus realisasi.

"Termasuk di Malang Selatan juga ada potensi sumber air. Sehingga bisa menunjang kebutuhan air di enam kecamatan," kata Direktur Utama Perumda Tirta Kanjuruhan, Syamsul Hadi usai hadiri rapat di kantornya, Jumat (19/6/2020).

Syamsul menambahkan pihaknya tidak sendirian dalam rencana pengembangan penyediaan sumber air ini.

"Rencananya juga akan menggandeng pihak swasta, untuk membangun Sungai Lesti sebagai penyedia sumber air,"  ujar Syamsul.

Realisasi pembangunan SPAM harus memenuhi beberapa tahapan.

Syamsul menjelaskan, SPAM harus melalui identifikasi sebaran pelayanan air serta identifikasi kualitas air di Kabupaten Malang.

"Semua dokumen ini harus tercantum pada SPAM. Karena merupakan salah satu syarat kita bisa bekerjasama dan mengusulkan ke pemerintah pusat untuk minta bantuan," jelas Syamsul.

Selain sebagai sarana meminta bantuan dari pemerintah pusat, kelengkapan dokumen SPAM juga penting bagi Peraturan Bupati Malang.

"Dokumen ini akan diregulasikan melalui perbup, akan dilaksanakan melalui kebijakan daerah lima tahunan," tutur Syamsul.

Syamsul juga masih akan menggunakan Sumber Air Wendit sebagai tumpuan memenuhi kebutuhan air bagi warga di tiga kecamatan.

Kapasitas air mencapai 3000 liter per detik, jadi daya tarik.

"Sumber air wendit juga termasuk dalam program SPAM. Karena potensi air wendit, menurut analisa PU SDA memang masih memungkinkan Sumber Wendit itu dikembangkan, untuk mencukupi kebutuhan air di Singosari, Pakis dan Jabung," tutup Syamsul. 

Penulis: Mohammad Erwin
Editor: isy
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved