Berita Malang Hari Ini

Unisma Rekonstruksi Kurikulum Implementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

Dr Nur Fajar Arif dari tim rekonstruksi kurikulum menyatakan nantinya tak hanya rekonstruksi tapi ada perombakan mendasar.

SURYAMALANG.COM/Humas Unisma
Kegiatan pembahasan rekonstruksi kurikulum untuk mengimplementasikan kampus merdeka, merdeka belajar di Universitas Islam Malang (Unisma), Rabu (1/7/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Tim penyusun pedoman rekonstruksi kurikulum Universitas Islam Malang (Unisma) sudah menyiapkan draft dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka, Rabu (1/7/2020).

Isian draft ini disampaikan di internal untuk mendapat masukan sebelum dilaksanakan nanti.

"Sebab nanti akan jadi buku pedoman yang konstruktif buat fakultas-fakultas," kata Rektor Unisma Prof Dr Masykuri MSi saat memberikan arahan di acara itu. Ide-ide baru diharapkan muncul agar Unisma makin memiliki daya saing tinggi dan pembeda.

Selanjutnya nanti akan dibuatkan SK rektor dan harus dilaksanakan pada tahun ajaran 2020/2021.

Dr Nur Fajar Arif dari tim rekonstruksi kurikulum menyatakan nantinya tak hanya rekonstruksi tapi ada perombakan mendasar.

Landasan yuridisnya adalah kebijakan Mendikbud Nadiem Karim mencanangkan kampus merdeka yang terdiri dari tiga hal yaitu prodi baru, akreditasi dan PTNBH.

"Namun di sini membicarakan poin tentang merdeka belajar. Yaitu hak belajar tiga semester di luar prodi. Dasar hukumnya telah keluar Permendikbud No 3/2020 tentang standart nasional perguruan tinggi. Perguruan tinggi memberi hak pada mahasiswa yang bisa diambil dan tidak karena sukarela. Namun perguruan tinggi harus mencukupinya," jelas Arif.

Untuk itu, selama lima semester, mahasiswa wajib mengambil mata kuliah di prodi asal.

Tapi tidak untuk mahasiswa prodi kesehatan seperti kedokteran, farmasi.

Dengan adanya ini, maka ada perubahan desain pengertian soal SKS. SKS adalah jam kegiatan, bukan jam belajar. Ada delapan pembelajaran di luar perguruan tinggi yang bisa dilakukan di tiga semester itu.

Halaman
123
Penulis: Sylvianita Widyawati
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved