Breaking News:

Virus Corona di Blitar

Kasus Positif Corona Terus Bertambah, Ini yang Dilakukan Pemkot Blitar

Pemkot Blitar akan membatasi jam operasional di sejumlah tempat publik saat pemberlakuan new normal atau normal baru di masa pandemi corona

Penulis: Samsul Hadi | Editor: isy
samsul hadi/suryamalang.com
Polres Blitar Kota mendirikan pos pantau untuk mengawasi aktivitas masyarakat di Alun-Alun Kota Blitar. 

SURYAMALANG.COM | BLITAR - Pemkot Blitar akan membatasi jam operasional di sejumlah tempat publik saat pemberlakuan new normal atau normal baru di masa pandemi corona. Pembatasan jam operasional di sejumlah tempat publik itu sebagai upaya mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 di masa normal baru.

Seperti diketahui, beberapa hari ini, jumlah kasus positif virus Corona di Kota Blitar terus bertambah seiring pemberlakuan normal baru. Sehari sebelumnya atau Minggu (5/7/2020) terdapat penambahan dua kasus baru positif virus Corona di Kota Blitar.

Sampai sekarang, jumlah komulatif pasien positif virus Corona di Kota Blitar sebanyak 11 orang. Rinciannya, enam orang sembuh, empat orang masih dalam perawatan, dan satu orang meninggal dunia.

Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan Wali Kota Blitar sudah mengeluarkan Perwali tentang New Normal.

Perwali itu mengatur penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 termasuk sanksi di masa normal baru.

"Dalam Perwali itu mewajibkan masyarakat pakai masker saat berada di tempat publik. Kalau ada yang tidak pakai masker akan diberi sanksi," kata Hakim, Senin (6/7/2020).

Tak hanya itu, kata Hakim, Perwali itu juga mengatur pembatasan jam operasional di sejumlah tempat publik.

Menurutnya, kegiatan masyarakat yang kurang produktif di sejumlah tempat publik akan dibatasi jam operasionalnya.

"Kegiatan seperti orang nongkrong di City Walk MBK, di sport center, dan Alun-alun akan kami batasi jam operasionalnya. Kami masih merumuskan teknis pembatasannya seperti apa. Kami juga harus koordinasi dengan Polres Blitar Kota," ujarnya.

Terpisah, Kapolres Blitar Kota, AKBP Leonard M Sinambela mengatakan polisi mulai melakukan pembatasan aktivitas masyarakat di Jalan Merdeka pada akhir pekan lalu.

Polisi menutup akses di Jalan Merdeka untuk mengurangi aktivitas masyarakat dan penerapan physical distancing.

"Kami juga terus gencar melakukan patroli di sejumlah tempat publik dan kafe-kafe untuk memastikan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Kami minta masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan di masa new normal," katanya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved