Breaking News:

Jendela Dunia

Mengapa Malam Hari Selalu Gelap Padahal Banyak Bintang di Langit? Berikut Ini Penjelasannya

Sebaliknya, saat siang hari, suasana terang benderang dengan matahari berpredikat sebagai 'raja langit' dan satu-satunya yang terlihat jelas

Shutterstock
Ilustrasi suasana malam hari yang selalu gelap 

SURYAMALANG.COM - Gelap menyelimuti malam hari meskipun di langit banyak bertaburan bintang-bintang.

Sebaliknya, saat siang hari, suasana terang benderang dengan matahari berpredikat sebagai 'raja langit' dan satu-satunya yang terlihat jelas secara kasat mata.

Lantas, mengapa langit malam tetap gelap meski ada banyak bintang?

Padahal, kita tahu di langit ada miliaran bintang yang bersinar, tetapi kenapa tak cukup membuat langit malam menjadi terang.

Fisikawan Jerman Heinrich Wilhelm Olbers mencoba menempatkan teka-teki yang sama pada tahun 1823, seperti dikutip dari Scientific American, Senin (13/7/2020).

Selama bertahun-tahun ada banyak cara untuk menjelaskan teka-teki ini, yang dijuluki dengan Paradox Olbers.

Salah satu teori menyebut, langit gelap di malam hari akibat dari debu di antara bintang-bintang dan mungkin di antara galaksi.

Gagasan dari teori ini adalah bahwa debu akan menghalangi cahaya dari benda yang jauh, sehingga membuat langit menjadi gelap.

Akan tetapi, kemudian para ilmuwan menyadari bahwa debu itu sendiri akan menyerap begitu banyak energi dari cahaya bintang yang pada akhirnya akan bersinar sepanas dan seterang bintang-bintang itu sendiri.

Jawaban lain dari teka-teka ini diajukan secara paradoks menyatakan peralihan yang luar biasa dari galaksi yang sangat jauh.

Halaman
123
Editor: eko darmoko
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved