Breaking News:

Travelling

Sudah Kantongi Sertifikat, Taman Safari Prigen (TSP) Pasuruan Sudah Resmi Buka

Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan sudah meresmikan sembilan destinasi wisata untuk dibuka kembali, termasuk TSP.

Suryamalang.com/galih lintartika
FOTO ARSIP - Wisatawan berpose dengan jerapah di Baobab Safari Resort, Taman Safari Indonesia (TSI) Pasuruan. 

SURYAMALANG.COM, PASURUAN - Taman Safari Prigen (TSP) akhirnya resmi dibuka. Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan sudah meresmikan sembilan destinasi wisata untuk dibuka kembali, termasuk TSP.

TSP sudah mendapatkan sertifikat layak untuk dikunjungi karena sudah menerapkan serangkaian protokol kesehatan sesuai dengan yang diinstruksikan oleh pemerintah.

Wakil Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pasuruan bidang pariwisata AFS Dewantoro menjelaskan, sertifikat ini menjadi tanda dibukanya kembali tempat wisata.

Menurut dia, sertifikat ini ini menunjukkan bahwa tempat wisata itu sudah sah dan resmi mengantongi izin buka dari Pemkab Pasuruan. Tempat wisata diperbolehkan buka di era new normal ini.

"Sebelum mengeluarkan sertifikat ini, kami sudah survey lapangan dan mengecek kesiapan masing-masing tempat wisata dalam menerapkan protokol kesehatan. Makanya, kami baru berani menyimpulkan setelah cek lapangan," papar dia.

Ia menyebut, bagi yang belum siap atau ada yang perlu diperbaiki dalam hal penerapan protokol kesehatan, tidak akan diberi sertifikat sampai benar-benar mau mematuhi persyaratan protokol kesehatan.

"Bagi yang sudah ini, ya silahkan buka. Ini draft surat sudah dibuat, tinggal ditandatangani saja, dan kemudian nantinya diserahkan secara simbolis ke pengelola tempat wisata," papar dia.

Akan tetapi, kata dia, sertifikat ini bisa dicabut sewaktu-waktu, ketika nanti terbukti bahwa tempat wisata itu tidak menerapkan protokol kesehatan di kemudian hari.

"Kami akan cabut kalau memang ada yang melanggar. Jadi, akan kami evaluasi secara berkelanjutan, ketika ada pelanggaran, maka akan kami cabut sertifikatnya, dan tidak boleh buka," jelasnya.

Terpisah, TSP sudah secara tegas mengkampanyekan ke wisatawan untuk mematuhi protokol kesehatan. Wisatawan yang berkunjung, harus mengikuti aturan yang sudah dibuat manajemen TSP.

Halaman
12
Penulis: Galih Lintartika
Editor: eko darmoko
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved