Breaking News:

Berita Surabaya Hari Ini

Pantau Lokasi Belajar Anak Secara Otomatis Lewat Aplikasi ISTTS ChildGuard

Aplikasi ini difungsikan untuk pemantauan anak selama pandemi Covid-19 yang dilengkapi geofence, app management, dan phone management.

Penulis: sulvi sofiana | Editor: Dyan Rekohadi
SURYAMALANG.COM/Sulvi Sofiana
Mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Informatika iSTTS (institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya), Excel Alexander Pratama menunjukkan aplikasi "ISTTS ChildGuard" 

Penulis : Sulvi Sofiana , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki berbagai kendala saat diterapkan di tengah pandemi.

Sulitnya pengawasan pada siswa saat belajar membuat aktivitas siswa selama PJJ justru tidak terkontrol.

Hal ini membuat mahasiswa tingkat akhir Jurusan Teknik Informatika iSTTS (institut Sains dan Teknologi Terpadu Surabaya), Excel Alexander Pratama memutuskan membuat aplikasi "ISTTS ChildGuard".

Dikatakan Excel, aplikasi buatannya ini difungsikan untuk pemantauan anak selama pandemi Covid-19 yang dilengkapi geofence, app management, dan phone management.

"Saat ini banyak anak yang mulai jenuh atau bosan di rumah saja karena kondisi Covid-19 ini, sehingga akhirnya bu Risma jadi gemes dan muncul wacana bahwa mau diaktifkan kembali untuk sekolah. Padahal kondisi saat ini belum terlihat membaik,jadi solusinya saya membuat aplikasi ini,"urainya dikonfirmasi SURYAMALANG.COM, Kamis (20/8/2020).

Aplikasi ini juga mengimplementasikan ilmu baru mengenai sistem android yang tujuannya membantu orang tua untuk memantau lokasi anak selama PJJ atau daring.

Serta membantu orang tua untuk memantau dan membatasi aktivitas anak dalam penggunaan smartphone.

"Sistem aplikasi ini terdiri dari beberapa fitur, fitur utama yang diimplementasikan ialah "Geofence" yaitu untuk memantau lokasi dan membatasi area bermain anak. Jika lokasi anak berada di luar batasan area maka orang tua akan diberikan notifikasi,"papar mahasiswa yang dibimbing Hartarto Junaedi dan Amelia Alexantra Putri.

Berikutnya, fitur penguncian aplikasi dan pembatasan waktu.

Halaman
12
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved