Breaking News:

Pengakuan Letkol Untung, Komandan Resimen Tjakrabirawa, Ketua CC PKI DN Aidit Minta Gerakan Ditunda

Terungkap pengakuan Letkol Untung Samsoeri Komandan Resimen Tjakrabirawa yang memberikan kesaksian dan meminta gerakan ditunda saat memimpin kudeta.

Penulis: Ratih Fardiyah | Editor: Adrianus Adhi
Youtube/Pondok Pesantren Alkautsar Cipaku Cianjur
Salah satu adegan film Penghianatan G30S/PKI, penyerangan rumah jenderal oleh pasukan Tjakrabirawa. 

Penulis: Ratih Fardiyah | Editor: Adrianus Adhi

SURYAMALANG.COM - Terungkap pengakuan Letkol Untung Samsoeri Komandan Resimen Tjakrabirawa yang memberikan kesaksian dan meminta gerakan ditunda.

Diketahui Letkol Untung Samsoeri memimpin upaya kudeta yang akan mengubah garis sejarah.

Gerakan Operasi Takari itu mulanya akan terselenggara pada 30 September namun pelaksanaan tersebut ditunda menjadi tanggal 1 Oktober.

Hal tersebut dikarenakan Untung, Ketua Central Comitte Partai Komunis Indonesia (PKI) DN Aidit memerintahkan agar pelaksanaannya ditunda sampai pasukan siap dan lengkap.

Diketahui 1 Oktober 1965 pukul 00.00, Panglima Kostrad Mayjen Soeharto baru saja meninggalkan RSPAD Gatot Subroto untuk pulang ke rumahnya di Jalan Abdul Muis.

Dua hari sebelumnya, putra bungsunya yang baru berumur empat tahun, Hutomo Mandala Putra atau Tommy, ketumpahan kuah sop sehingga harus dilarikan ke rumah sakit.

Di Istana Merdeka, sekitar pukul 00.45, Presiden Soekarno mengganti seragam militernya dengan baju lengan pendek.

Melansir Kompas.com: Seputar G30S/ PKI (1): Sejarah yang Kita Kenal, Fakta atau Rekayasa?, Beberapa jam sebelumnya, Soekarno menghadiri Musyawarah Besar Ahli Teknik di Istora Senayan. Ia didampingi istrinya Haryati.

Sebelum berangkat, ia menelepon Haryati. Perempuan itu baru tiba di kediamannya di bilangan Slipi dikawal seorang perwira Detasemen Kawal Pribadi Tjakrabirawa. Di telepon, Soekarno meminta Haryati tidur sendiri dan tidak usah menunggunya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved