Breaking News:

Berita Malang Hari Ini

Jelang Libur Panjang, Dishub dan Polresta Malang Kota Gelar Ramp Check Bus di Terminal Arjosari

Menjelang libur panjang, Dishub Kota Malang bersama Satlantas Polresta Malang Kota menggelar kegiatan pengecekan bus atau ramp check

Penulis: Kukuh Kurniawan | Editor: isy
Kukuh Kurniawan/TribunJatim.com
Kegiatan ramp check Dishub Kota Malang bersama Satlantas Polresta Malang Kota di Terminal Arjosari, Selasa (27/10/2020). 

SURYAMALANG.COM, MALANG - Menjelang libur panjang, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Malang bersama Satlantas Polresta Malang Kota menggelar kegiatan pengecekan bus (ramp check) di Terminal Arjosari, Selasa (27/10/2020). Seperti diketahui mulai Rabu (28/10/2020) hingga Minggu (1/11/2020), masyarakat dapat menikmati libur panjang hari besar keagamaan Maulid Nabi Muhammad dan cuti bersama.

Dari pantauan TribunJatim.com (grup SURYAMALANG.COM), petugas Dishub Kota Malang dan Satlantas Polresta Malang Kota langsung bergerak mengecek semua bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) yang ada di Terminal Arjosari. Setiap bus langsung dilakukan pemeriksaan fungsi perlengkapan seperti wiper, rem, lampu, dan klakson.

Selain itu kondisi ban, perlengkapan palu untuk pecah kaca darurat dan surat surat pengemudi dan kendaraan juga tak luput dari pengecekan petugas.

"Setiap menjelang kegiatan libur panjang, kami selalu melakukan kegiatan ramp check agar mencegah terjadinya insiden di jalan, sekaligus dilakukan untuk keselamatan baik untuk penumpang bus maupun pengguna jalan yang lain," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Malang, Handi Priyanto kepada TribunJatim.com.

Dalam kegiatan tersebut, petugas gabungan melakukan pemeriksaan ramp check kepada 60 bus.

Hasilnya, beberapa bus harus terpaksa digrounded (dikandangkan sementara waktu) untuk dilakukan perbaikan.

"Hasil pemeriksaan ramp check pada hari ini, kami temukan ada 3 bus yang tidak layak jalan. Ada dua bus kondisi alur bannya sudah hampir habis, sedangkan satu bus ternyata buku KIR nya sudah mati, sehingga bus tersebut kami larang untuk jalan dan harus terpaksa digrounded (dikandangkan sementara waktu) untuk dilakukan perbaikan," jelasnya.

Dirinya juga memprediksi pada masa libur panjang ini, terjadi lonjakan penumpang.

Meskipun tidak terlalu signifikan sama sekali.

"Kami prediksi pada masa libur panjang ini, terjadi lonjakan penumpang namun tidak terlalu signifikan. Selain itu di Terminal Arjosari (sebelum pandemi Covid 19) rata rata bus yang beroperasi dapat mencapai 400 bus per hari. Namun saat ini hanya tinggal sekitar 70 hingga 80 bus per harinya. Meskipun begitu, kami tetap melakukan ramp check untuk memastikan moda transportasi ini betul betul aman saat dipakai masyarakat," terangnya.

Sementara itu Kasatlantas Polresta Malang Kota, AKP Ramadhan Nasution, mengungkapkan selain melakukan ramp check bersama Dishub Kota Malang, pihaknya juga melakukan pemasangan stiker tentang pentingnya penggunaan masker di setiap bus yang ada di Terminal Arjosari.

"Selain mengecek kelaikan kendaraan, kami juga memeriksa kesiapan dari pengemudinya baik kelengkapan surat surat berkendara maupun kesehatannya. Kami pun juga menempelkan stiker Ayo Pakai Masker di setiap bus," bebernya.

Selain itu dalam kegiatan tersebut, pihaknya juga meminta agar pengemudi bus tetap selalu mematuhi protokol kesehatan Covid 19.

"Kami minta pengemudi bus untuk tetap selalu memakai masker. Selain itu kami minta kepada kernet bus untuk mengingatkan penumpangnya. Untuk tetap selalu mematuhi protokol kesehatan Covid 19 sesuai dengan Inpres No 6 Tahun 2020," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved