Breaking News:

Penanganan Covid

Nano Chitosan dari Kulit Udang dan Cangkang Kepiting untuk Pengobatan Covid-19, Riset Dosen ITS

Bahan baku kulit udang ini dipilih karena jumlah limbahnya di Indonesia yang melimpah dan diolah dengan teknologi metode baru jadi nano chitosan

its.ac.id
Salah satu dosen ITS, Yuli Setiyorini ST MPhil PhD Eng yang melakukan riset nano chitosan dengan bahan kulit udang dan cangkang kepiting untuk pengobatan pasien Covid-19 

Penulis : Sulvi Sofiana , Editor : Dyan Rekohadi

SURYAMALANG.COM, SURABAYA - Satu lagi inovasi untuk penanganan Covid-19 dilakukan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui riset nano chitosan memanfaatkan bahan kulit udang dan cangkang kepiting.

Riset nano chitosan dengan bahan kulit udang dan cangkang kepiting untuk pengobatan pasien Covid-19 ini dilakukan salah satu dosen ITS, Yuli Setiyorini.

Baca juga: Alat Deteksi Covid-19 Melalui Bau Keringat Ketiak Karya Guru Besar ITS, I-Nose C-19 Sudah Uji Klinis

Yuli Setiyorini dibantu oleh Sungging Pintowantoro, Kepala Laboratorium Pengolahan Mineral dan Material, Departemen Teknik Material dan Metalurgi, Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem ITS.

Keduanya melakukan kolaborasi riset teknologi berupa nano chitosan dengan metode baru sejak tahun 2010.

Tujuannya untuk mengembangkan chitosan sebagai material untuk aplikasi medis dan industrial dengan metode yang ramah lingkungan dari bahan baku lokal.

Rini, sapaan akrab Yuli Setiyorini menjelaskan chitosan merupakan biopolimer sejenis selulosa yang ditemukan pada kerangka luar beberapa hewan laut seperti kerang, kepiting, lobster, dan udang.

Untuk penanganan pasien Covid-19 dengan chitosan, dikatakan Rini akan mengurangi replikasi virus dalam tubuh.

Sehingga meningkatkan daya tahan tubun dengan memicu naiknya level macrophage, sDC (dendritic cell) dan NK (natural killer cell) yang memegang peranan penting dalam perlindungan infeksi virus.

" Naiknya leukosit (sel darah putih) seiring dapat mengaktifkan sel imun bawaan yang berdampak terhadap peningkatan sekresi cytokines,"paparnya.

Halaman
1234
Penulis: sulvi sofiana
Editor: Dyan Rekohadi
Sumber: Surya Malang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved